Menlu Inggris: Indonesia, Mitra Penting Visi Global Britain

Global | rm.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:17
Menlu Inggris: Indonesia, Mitra Penting Visi Global Britain

Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss menegaskan, negaranya memiliki banyak potensi kerja sama dengan Indonesia. Karena itu, kemitraan antara kedua negara harus diperdalam.

Ada banyak potensi kerjasama dalam hubungan Inggris dan Indonesia dan saya ingin memperdalam kemitraan kedua negara. Indonesia adalah mitra penting untuk visi Global Britain," ujar Truss dalam rilis resmi Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Kamis (11/11).

"Status Indonesia sebagai negara demokrasi, sesama pendukung lembaga dan hukum internasional dan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia membuat peran Indonesia sangat signifikan," imbuhnya.

Truss yang hari ini bertemu dengan Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudioptimis, Indonesia mampumeningkatkan Pendapatan Domestik Bruto - PDB (PPP- Purchasing Power Parities) lebih dari 5 kali lipat atau sebesar 532 persen, dalam rentang 2020-2050.

Dalam kunjungan 2 hari di Indonesia, Truss akan meluncurkan kelompok kerja gabungan pertama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang bekerja untuk melawan ekstremisme.

Ia juga akan mengunjungi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memfasilitasi kolaborasi lebih lanjut dalam menangani kejahatan siber, keamanan, dan peningkatan kapasitas.

Dari sisi ekonomi, kedua negara akan menyelenggarakan dialog Build Back Better World dengan para eksekutif senior di bidang keuangan, untuk mempromosikan investasi di Indonesia. [DAY]

Artikel Asli