Menlu Truss: Kapal Perang Inggris Dibangun di Indonesia Tahun Depan

Global | sindonews | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:47
Menlu Truss: Kapal Perang Inggris Dibangun di Indonesia Tahun Depan

JAKARTA - Kapal perang Inggris akan dibangun di Surabaya, Indonesia , pada tahun depan. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Liz Truss saat konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansasi Marsudi, Kamis (11/11/2021).

Rencana pembangunan kapal perang itu bagian dari kerjasama bidang pertahanan. Kedua Menlu membahas isu keamanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

"Dua minggu lalu, kelompok tempur kapal induk Inggris berkunjung ke Jakarta. Dan tahun depan, fregat rancangan Inggris akan dibangun di Surabaya. Ini adalah bagian dari kerjasama ekstensif kami di bidang pertahanan. Kami ingin memperdalam kerjasama kami di bidang ini," ujar Truss.

Lebih lanjut, diplomat top kedua negara itu membicarakan bidang digital dan teknologi.

"Kami perlu memastikan bahwa standar teknologi dibentuk oleh dunia bebas dan kami ingin bekerja sama dengan Indonesia di bidang-bidang, seperti siber dan juga teknologi generasi berikutnya, apakah itu 5G, 6G, atau bidang-bidang seperti artificial intelligence dan quantum," kata Menlu Truss.

Tak hanya itu, mereka lebih lanjut membahas kerjasama kontraterorisme, keamanan siber hingga pandemi COVID-19.

"Kami juga telah membahas pentingnya kesehatan dan khususnya, penyebaran vaksin. Kami senang bisa memasok satu juta vaksin ke Indonesia, dan kami ingin bekerjasama," ujar Truss.

Artikel Asli