Kepada Jokowi, PM Malaysia Meminta Indonesia buat Membuka...

Global | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 07:00
Kepada Jokowi, PM Malaysia Meminta Indonesia buat Membuka...

Indonesia dan Malaysia akhirnya bersepakat membuka Travel Corridor Arrangement (TCA), untuk mendukung pemulihan ekonomi kedua negara.

Hal ini diputuskan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (10/11/2021).

"Untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi, kami sepakat membuat Travel Corridor Arrangement, yang akan kita buka secara bertahap," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/11/2021).

Terkait hal tersebut, PM Ismail Sabri menuturkan, ia dan Presiden Jokowi sepakat menugaskan para menteri terkait, untuk mengatur detail pembukaan koridor perjalanan antara kedua negara.

"Hari ini, saya dan Bapak Presiden telah mencapai persetujuan supaya Malaysia dan Indonesia dapat melaksanakan suatu koridor perjalanan antara kedua-dua negara melalui aturan Travel Corridor Arrangement (TCA) atau Vaccinated Travel Lan e (VTL), bebernya.

Untuk tahap awal, Indonesia dan Malaysia sepakat membuka koridor perjalanan dari Kuala Lumpur-Jakarta dan sebaliknya, serta Kuala Lumpur-Bali dan sebaliknya.

"Mungkin, ini akan kita awali dengan Kuala Lumpur-Jakarta-Kuala Lumpur, dan juga Kuala Lumpur-Bali-Kuala Lumpur. Insya Allah, jika detailnya dipercepat, kita setuju membuat joint statement, dan kita umumkan pembukaan border antara Malaysia dengan Indonesia," katanya.

Artikel Asli