Loading...
Loading…
Bos Narkoba Kelas Kakap yang Ditangkap di Kolombia Edarkan 200 Ton Kokain ke Seluruh Dunia

Bos Narkoba Kelas Kakap yang Ditangkap di Kolombia Edarkan 200 Ton Kokain ke Seluruh Dunia

Global | inewsid | Senin, 25 Oktober 2021 - 11:31

ANTIOQUIA, iNews.id - Pengedar narkoba kelas dunia dan paling dicari polisi akhirnya ditangkap di Kolombia. Angkatan Bersenjata Kolombia melakukan penyergapan besar-besaran di Provinsi Antioquia, Kolombia.

Dairo Antonio Usuga atau yang dikenal sebagai Otoniel, merupakan bos narkoba yang telah mengedarkan ratusan ton kokain ke seluruh dunia. Penangkapannya melibatkan lebih dari 500 anggota pasukan khusus Kolombia dan 22 helikopter.

Selain menjadi pengedar narkoba, Otoniel juga memiliki catatan kriminal lain. Dia dituduh membunuh anggota kepolisian, mempekerjakan anak dibawah umur, serta kekerasan seksual terhadap mereka.

Pemerintah Kolombia menawarkan penghargaan sebesar Rp838 miliar terhadap pihak yang memberikan informasi mengenai kehidupan dan kegiatan sehari-hari Otoniel.

Pemerintah Kolombia akan menyerahkan petisi pada hari Senin (25/10/21) dengan Mahkamah Agung Andean untuk memindahkan Otoniel ke Amerika Serikat. Menteri Kehakiman, Wilson Ruiz, mengatakan, proses ini akan memakan waktu kurang lebih empat minggu.

Pemindahan tahanan menunggu mereka semua yang melakukan tindak kriminal internasional, katanya pada wartawan di Necocli.

Baca Juga :
Kolombia Akan Ekstradisi Bos Narkoba Paling Berbahaya di Dunia ke AS

Kepolisian Nasional Kolombia menjelaskan, Otoniel telah menjadi pemimpin dari geng pengedar narkoba yang bernama Clan del Golfo. Sebelumnya dia gerilyawan sayap kiri. Clan del Golfo tersebar di 12 provinsi di negara Kolombia dan memiliki sekitar 3,800 anggota.

Otoniel diperkiraan telah mengedarkan antara 180 hingga 200 ton kokain setiap tahunnya melalui geng tersebut. Dia juga menjadi tersangka untuk lebih dari 200 kasus kematian anggota keamanan Kolombia.

Pada tahun 2017, pernah tersebar video dimana Otoniel akan tunduk pada hukum. Namun rencana itu tidak pernah terlaksana. Dia terus menjalankan aksi kriminalnya hingga akhirnya berhasil ditangkap pada Minggu (24/10/21).

Original Source

Topik Menarik

{