Loading...
Loading…
Sesumbar Bela Taiwan, Joe Biden: China Tahu Amerika Itu Militer Paling Kuat dalam Sejarah Dunia

Sesumbar Bela Taiwan, Joe Biden: China Tahu Amerika Itu Militer Paling Kuat dalam Sejarah Dunia

Global | inewsid | Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:34

BALTIMORE, iNews.id Presiden AS Joe Biden menyatakan negaranya bakal membela Taiwan. Dia juga menegaskan, Amerika Serikat memiliki komitmen untuk mempertahankan pulau yang selalu diklaim Beijing sebagai wilayah China itu.

Ya, kami memiliki komitmen untuk melakukan itu (membela Taiwan), kata Biden kepada CNN , Kamis (21/10/2021) waktu AS.

Biden mengatakan, masyarakat global tidak perlu meragukan kekuatan militer yang dimiliki Washington DC. China, Rusia, dan seluruh dunia tahu bahwa kami (AS) adalah militer paling kuat dalam sejarah dunia, ujarnya sesumbar.

Yang harus Anda khawatirkan adalah, apakah mereka (China dan Rusia) akan terlibat dalam kegiatan yang akan menempatkan mereka pada posisi yang mungkin membuat kesalahan serius, kata politikus Partai Demokrat itu lagi.

Ketegangan militer antara Taiwan dan China beberapa waktu terakhir adalah yang terburuk dalam lebih dari 40 tahun sejarah hubungan kedua negara Asia Timur itu. Menteri Pertahanan Taiwan, Chiu Kuo Cheng, belum lama ini mengatakan bahwa China akan mampu melakukan invasi skala penuh terhadap Taiwan pada 2025.

China selalu mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, yang harus diambil secara paksa jika diperlukan. Sementara, Taiwan mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka dan berdaulat. Taipei pun telah menegaskan bakal mempertahankan kebebasan dan demokrasi di negara pulau itu.

Original Source

Topik Menarik