Myanmar Tak Izinkan Utusan ASEAN Bertemu Aung San Suu Kyi

inewsid | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:28
Myanmar Tak Izinkan Utusan ASEAN Bertemu Aung San Suu Kyi

YANGON, iNews.id - Pemerintahan junta militer Myanmar mengizinkan utusan khusus ASEAN yang juga Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam, Erywan Yusof, datang ke negaranya, namun melarang bertemu dengan Aung San Suu Kyi. Alasannya Suu Kyi sedang menjalani proses hukum di pengadilan untuk beberapa tuduhan.

Juru bicara pemerintahan junta militer Zaw Min Tun mengklaim, Suu Kyi akan diadili oleh sistem peradilan yang adil dan independen. Dia juga memastikan ketua hakim yang memimpin persidangan dipilih oleh pemerintah sebelumnya.

Pekan lalu Erywan mengatakan tak ada kemajuan berarti yang ditunjukkan Myanmar, bahkan kemunduran, untuk menyelesaikan krisis pascakudeta menggulingkan pemerintahan Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Erywan awal pekan ini mengatakan dia sedang berkonsultasi dengan partai-partai di Myanmar, tidak memihak atau posisi politik dan menantikan kunjungan.

Oleh karena itu ASEAN akan membahas rencana tak mengikutsertakan Perdana Menteri Myanmar Min Aung Hlaing dalam KTT akhir bulan ini.

Myanmar mengalami kelumpuhan politik dan ekonomi sejak kudeta 1 Februari, memicu unjuk rasa dan perlawanan bersenjata. Warga sipil di berbagai daerah membentuk milisi untuk menghadapi pasukan Myanmar.

Lebih lanjut Zaw Min Tun menuduh lembaga internasional menerapkan standar ganda terhadap Myanmar. Dia mencontohkan PBB belum juga menyetujui usulan nama duta besar yang baru untuk organisasi perdamaian dunia itu.

"Harus menghindari standar ganda ketika terlibat dalam urusan internasional," ujarnya, dikutip dari Reuters, Kamis (14/10/2021).

Artikel Asli