Pelaku Serangan Panah di Norwegia Warga Denmark, Polisi Belum Pastikan Teroris

inewsid | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:18
Pelaku Serangan Panah di Norwegia Warga Denmark, Polisi Belum Pastikan Teroris

OSLO, iNews.id - Kepolisian Norwegia mengidentifikasi pelaku serangan menggunakan panah yang menewaskan lima orang sebagai pria Denmark berusia 37 tahun. Sejauh ini dia diketahui beraksi seorang diri pada Rabu (13/10/2021) malam di Kota Kongsberg, 68 kilometer dari Ibu Kota Oslo.

Serangan di beberapa lokasi itu juga melukai dua orang, termasuk seorang perwira polisi yang tidak bertugas.

"Situasi sangat serius ini tentu saja meninggalkan kesan mendalam bagi Kongsberg serta warganya," kata kepala kepolisian distrik, Oeyvind Aas, dikutip dari Reuters, Kamis (14/10/2021).

Meski pelaku sudah ditangkap, polisi masih enggan mengungkap motif serangan tersebut. Petugas mendalami pelaku menggunakan senjata lain di samping panah.

Perdana Menteri Norwegia terpilih Jonas Gahr Stoere mengatakan sudah mendapat informasi mengenai kejadian itu.

"Apa yang kami ketahui dari Kongsberg merupakan saksi dari tindakan mengerikan dan brutal," kata Stoere, kepada kantor berita NTB.

Serangan berlangsung lebih dari 30 menit di beberapa lokasi Kongsberg, termasuk toko kelontong Coop Extra. Seorang perempuan yang tinggal dekat toko mengatakan dia mendengar alarm.

"Saya melihat sekelompok polisi, termasuk seorang memegang beberapa anak panah di tangannya," kata perempuan bernama Marit Hoefle itu.

Penyelidik masin mendalami apakah serangan itu bermotif terorisme atau bukan. Penjelasan mengenai hasil penyelidikan akan disampaikan hari ini.

Serangan ini merupakan yang terburuk di Norwegia sejak 2011. Saat itu seorang ekstremis sayap kanan Anders Behring Breivik melepaskan tembakan di sebuah acara kamp pemuda yang menewaskan 77 orang, mayoritas remaja.

Artikel Asli