Junta Myanmar Larang Utusan Khusus ASEAN Bertemu Aung San Suu Kyi

rmol.id | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:46
Junta Myanmar Larang Utusan Khusus ASEAN Bertemu Aung San Suu Kyi

RMOL.Junta militer Myanmar tidak akan memberikan izin bagi Utusan Khusus ASEAN Erywan Yusof untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi karena ia tengah didakwa melakukan kejahatan.

Tetapi jrubicara junta, Zaw Min Tun mengatakan pihaknya tidak akan menghalangi Erywan untuk mengunjungi Myanmar.

Seperti dimuat Reuterspada Kamis (14/10), Zaw Min Tun menegaskan, sistem peradilan Myanmar adil dan independen akan menangani kasus Aung San Suu Kyi. Ketua hakim juga ditunjuk oleh pemerintah sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga membahas penundaan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menyetujui pencalonan dutabesar dari pemerintahan militer.

Ia mengatakan, PBB, organisasi dan negara lain harus menghindari standar ganda ketika mereka terlibat dalam urusan internasional.

Pernyataan Zaw Min Tun muncul ketika tekanan internasional meningkat pada junta untuk menerapkan rencana perdamaian lima poin yang disepakati oleh jenderal Min Aung Hlaing pada April dengan ASEAN.

Pekan lalu, Erywan mengatakan, lelambanan junta terhadap rencana ASEAN sama saja dengan mundur dan beberapa negara anggota berdiskusi secara mendalam untuk mengecualikan Min Aung Hlaing dari pertemuan puncak bulan ini. []

Artikel Asli