Jadi Orang Tertua yang Kunjungi Luar Angkasa, Legenda Star Trek Kembali ke Bumi

sindonews | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 05:30
Jadi Orang Tertua yang Kunjungi Luar Angkasa, Legenda Star Trek Kembali ke Bumi

TEXAS - Bintang Hollywood William Shatner yang memerankan Kapten Kirk dalam serial fiksi ilmiah populer "Star Trek" menjadi orang tertua di dunia yang mengunjungi luar angkasa pada Rabu (13/10/2021).

Saat itu roket Blue Origin membawanya lebih dari 100 km di atas Bumi.

Shatner, 90, menyalip penerbang 82 tahun Wally Funk untuk menjadi orang tertua di luar angkasa. Funk juga terbang dengan roket Blue Origin, ditemani Pendiri Amazon Jeff Bezos pada Juli.

Sebelum diluncurkan pada Rabu, Shatner berkata, "Ada mistik berada di luar angkasa dan lebih dekat dengan bintang-bintang dan tidak berbobot."

"Saya akan terpesona oleh pemandangan luar angkasa. Saya ingin melihat bola itu dan menghargai keindahan dan keuletannya," ujar dia.

Wakil Presiden Blue Origin Audrey Powers dan dua pengusaha, salah satu pendiri Planet Labs Chris Boshuizen dan salah satu pendiri Medidata Solutions Glen de Vries, menemani Shatner dalam perjalanan tersebut.

Pada 2014, NASA memberikan penghargaan kepada Shatner dengan medali Distinguished Public Service, penghargaan paling bergengsi yang tersedia untuk pekerja non-pemerintah. Dia dianggap berjasa karena "mendorong kaum muda mempelajari sains dan generasi penjelajah yang menginspirasi, termasuk banyak astronot dan insinyur yang merupakan bagian dari NASA hari ini."

Badan antariksa Amerika Serikat (AS) itu mengucapkan selamat kepada Shatner untuk penerbangan luar angkasanya dalam tweet pada Rabu, merujuk pada dialog dari film Star Trek II: The Wrath of Khan tahun 1982.

Mantan Senator Ohio John Glenn, orang tertua sebelumnya di luar angkasa sebelum Shatner dan Funk, mempertahankan rekor usia seseorang yang mengunjungi ruang orbit.

Glenn menghabiskan hampir 10 hari di orbit pada Oktober 1998 sebagai bagian dari misi Pesawat Ulang-alik NASA. Sebagai perbandingan, penerbangan suborbital Shatner dan Funk hanya berlangsung 10 menit.

Shatner memainkan karakter Kapten James T Kirk di film Star Trek dalam seri asli tahun 1960-an, dan segera menjadi ikon fiksi ilmiah.

Dia terus bekerja di usia tuanya, dan saat ini menjadi pembawa acara acara sains 'I Don't Understanding' yang ditayangkan di RT America.

Artikel Asli