Setelah 19 Bulan Ditutup, AS Buka Perbatasan dengan Kanada dan Meksiko

limapagi.id | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 00:55
Setelah 19 Bulan Ditutup, AS Buka Perbatasan dengan Kanada dan Meksiko

LIMAPAGI - Amerika Serikat berencana membuka perbatasan daratnya dengan Kanada dan Meksiko. Nantinya, masyarakat yang boleh melintasi perbatasan itu ialah mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 dua dosis.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Alejandro Mayorkas mengatakan pihaknya akan mulai mengizinkan pelancong dari Meksiko dan Kanada untuk masuk ke Amerika Serikat. Aturan itu akan berlaku mulai bulan depan.

"Akan mulai mengizinkan pelancong dari Meksiko dan Kanada yang sepenuhnya divaksinasi untuk covid-19 memasuki Amerika Serikat untuk tujuan yang tidak penting, termasuk mengunjungi teman dan keluarga atau untuk pariwisata, melalui penyeberangan perbatasan darat dan feri," ujar Alejandro dikutip Limapagi dari Reuters, Kamis 14 Oktober 2021.

Anggota parlemen dari negara bagian perbatasan AS memuji langkah untuk mencabut pembatasan. Menurut Senat Chuck Schumer pencabutan aturan itu menjadi kabar baik. Sebab pemberlakuan pembatasan berdampak pada perekonomian masyarakat lokal.

"Sejak awal pandemi, anggota komunitas lintas batas kita telah merasakan penderitaan dan kesulitan ekonomi dari penutupan perbatasan darat. Rasa sakit itu akan segera berakhir," kata pemimpin Demokrat di Senat Chuck Schumer dalam sebuah pernyataan.

Diketahui Amerika telah menutup perbatasan dengan Kanada dan Meksiko sejak Maret 2020. Pembatasan itu dilakukan untuk mencegah penularan covid-19.

Sebelumnya kebijakan Amerika Serikat membuka perbatasan, pemerintah Kanada pada 9 Agustus 2021 sudah lebih dulu memperbolehkan warga Amerika Serikat masuk negaranya melalui jalur darat.

Artikel Asli