Mantan Menhan Venezuela yang Dipenjara Meninggal karena Covid-19

limapagi.id | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 04:05
Mantan Menhan Venezuela yang Dipenjara Meninggal karena Covid-19

LIMAPAGI - Mantan Menteri Pertahanan Venezuela, Raul Baduel meninggal terinfeksi covid-19, Selasa 12 Oktober 2021. Raul meninggal dengan status tahanan politik oleh oposisi.

Eks pensiunan jenderal itu dianggap sebagai tahanan politik oleh oposisi. Diberitakan Reuters, Rabu 13 Oktober 2021, kabar meninggalnya Raul akibat tertular covid-19 telah dikonfirmasi Jaksa Agung Venezuela, Tarek Saab.

"Kami menyesalkan kematian Raul Isaias Baduel karena gagal jantung-pernapasan, produk covid-19, meskipun ia menerima perawatan medis yang sesuai dan telah mendapatkan dosis pertama vaksin," kata Tarek Saab.

Saab tidak merinci apakah Raul meninggal saat mendapat perawatan di rumah sakit atau meninggal di dalam penjara. Diketaui, Raul menjalani sisa hidupnya di dalam tahanan milik polisi Intelijen Venezuela, Sebin.

Kelompok aktivis hak asasi manusia menyalahkan pemerintah atas kematian Raul. Sebab, Raul menjadi satu dari 10 tahanan yang meninggal di Sebin

"Dengan kematian Raul Isaias Baduel, ada sepuluh tahanan politik yang meninggal dalam tahanan. Tanggung jawab atas kehidupan dan kesehatan setiap tahanan berada pada negara," ujar Gonzalo Himiob di Twitter.

Diketahui, Raul ditangkap pada tahun 2009 atas tuduhan korupsi setelah berselisih dengan Partai Sosialis. Akibat hal itu, ia akhirnya menyandang status tahanan rumah. Namun, kemudian ia dipenjara pada 2017 karena diduga berkonspirasi melawan Maduro.

Tahun lalu putri Raul mengatakan kepada Reuters bahwa dia belum diadili atas tuduhan tahap kedua terhadapnya. Selain itu, pengacaranya tidak dapat mengakses berkas kasusnya.

Artikel Asli