5 Warga di Norwegia Tewas Kena Panah, Pelaku Ditangkap

limapagi.id | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:40
5 Warga di Norwegia Tewas Kena Panah, Pelaku Ditangkap

LIMAPAGI - Seorang pria bersenjatakan busur dan anak panah menewaskan lima orang dan melukai dua lainnya di wilayah tenggara Norwegia pada Rabu, 13 Oktober 2021. Motif serangan yang terjadi di beberapa lokasi di pusat kota Kongsberg itu belum diketahui.

Pejabat polisi setempat, Oyvind Aas mengatakan, dua orang yang terluka berada di unit perawatan kritis di rumah sakit. Salah satu yang terluka adalah seorang polisi yang sedang tidak bertugas. Polisi itu berada di salah satu toko dari beberapa tempat yang diserang.

"Pria yang melakukan tindakan ini telah ditangkap oleh polisi dan menurut informasi kami hanya ada satu orang yang terlibat," kata Aas dalam konferensi pers dilansir dari Channel News Asia , Kamis, 14 Oktober 2021.

Menurutnya, wajar saja tindakan itu diduga sebagai aksi terorisme. Kendati begitu, masih terlalu dini untuk menyimpulkan apa motif pelaku. Sementara itu, Dinas intelijen Norwegia PST telah disiagakan.

"Saat ini semua masih dugaan," kata juru bicara Martin Bernsen ketika ditanya tentang kemungkinan motif teroris.

Tersangka telah dibawa ke kantor polisi di kota terdekat Drammen. Namun, polisi tidak menjelaskan lebih detail ciri-ciri pria itu. Peristiwa ini terjadi pada pukul 18.13 di kota berpenduduk 25.000 orang, sekitar 80 km sebelah barat ibu kota Oslo. Tersangka ditangkap pada pukul 18.47.

"Peristiwa ini mengguncang kami," kata Perdana Menteri Erna Solberg pada hari terakhirnya menjabat.

Akibat insiden itu, polisi mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah dan beberapa lingkungan ditutup. Polisi di negara Skandinavia biasanya tidak bersenjata, tetapi setelah serangan itu, Direktorat Kepolisian Nasional memerintahkan agar petugas dipersenjatai secara nasional.

Helikopter dan tim penjinak bom juga dikerahkan ke lokasi kejadian. Situs web penyiar publik NRK menerbitkan gambar yang dikirim oleh saksi, yakni panah hitam yang mencuat dari dinding. Dalam gambar lain dari tempat kejadian, panah itu tampak seperti anak panah tingkat kompetisi.

Artikel Asli