WHO Tunjuk 26 Ilmuwan untuk Tentukan Asal-usul Covid-19 dan Kemungkinan Pandemi di Masa Depan

rmol.id | Global | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:27
WHO Tunjuk 26 Ilmuwan untuk Tentukan Asal-usul Covid-19 dan Kemungkinan Pandemi di Masa Depan

RMOL.Sebanyak 26 ilmuwan ditunjuk sebagai dewan penasihat yang bertugas untuk mencari tahu asal-usul Covid-19 dan wabah lainnya di masa depan.

Mereka dikenal sebagai SAGO atau Kelompok Penasihat Ilmiah Organisasi Kesehatan Dunia untuk Asal-usul COvid-19. Mereka terdiri dari para ilmuwan dari Amerika Serikat (AS), China, dan 24 negara lain yang dipilih dari 700 pelamar.

Sebelum menjalankan tugas, mereka akan menjalani periode konsultasi publik selama dua pekan.

Para ilmuwan itu akan mengembangkan kerangka kerja global mengenai asal-usul patogen baru dan potensinya hingga mencapai tingkat epidemi atau pandemi.

Memahami dari mana patogen baru berasal sangat penting untuk mencegah wabah di masa depan dengan potensi epidemi dan pandemi, dan membutuhkan berbagai keahlian, kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip UPI.

"Kami sangat senang dengan kualitas ahli yang dipilih untuk SAGO dari seluruh dunia dan berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk membuat dunia lebih aman," tambahnya.

Awal tahun ini, Tedros mengatakan laporan WHO yang dirilis pada bulan Maret yang menyatakan bahwa kebocoran dari laboratorium Wuhan dianggap sebagai jalur yang sangat tidak mungkin untuk asal-usul virus corona baru atau SARS-CoV-2.

Presiden AS Joe Biden juga mengarahkan badan-badan intelijen untuk menyelidiki asal-usul virus dan bergabung dengan para pemimpin G7 lainnya dalam menyerukan penyelidikan baru. []

Artikel Asli