Loading...
Loading…
China: Pidato Tsai Ing-wen Bisa Menghasut Konfrontasi dan Menutup Dialog Taiwan-Beijing

China: Pidato Tsai Ing-wen Bisa Menghasut Konfrontasi dan Menutup Dialog Taiwan-Beijing

Global | rmol.id | Senin, 11 Oktober 2021 - 10:09

RMOL. China memberikan kecaman atas pidato Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Hari Nasional (Minggu, 10/10). Dalam pidatonya, Tsai menegaskan Taiwan tidak akan tunduk pada tekanan Beijing dan akan terus memperkuat pertahanan untuk melindungi diri.

Kecaman disampaikan oleh Kantor Urusan Taiwan China pada hari yang sama. Dalam sebuah pernyataan, kantor menyebut pidato Tsai menghasut konfrontasi dan memutarbalikkan fakta.

Dikutip Al Jazeera , kantor itu juga menyebut pidato Tsai telah menutup pintu dialog kedua belah pihak.

Pernyataan tegas dari Tsai sendiri muncul sehari setelah pidato Presiden Xi Jinping pada Sabtu (9/10). Xi berjanji untuk mewujudkan reunifikasi secara damai dengan Taiwan.

Tidak ada yang boleh meremehkan tekad, kemauan, dan kemampuan kuat rakyat Tiongkok untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial, kata Xi.

China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Sementara Taiwan mendeklarasikan diri sebagai negara yang merdeka dan demokratis.

Dalam beberapa waktu terakhir, ketegangan di Selat Taiwan meningkat, khususnya dengan banyaknya manuver China di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. []

Original Source

Topik Menarik

{