Bangladesh Komitmen Bantu Pengungsi Rohingya di Pulau Terpencil

rmol.id | Global | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 11:42
Bangladesh Komitmen Bantu Pengungsi Rohingya di Pulau Terpencil

RMOL.Bangladesh telah menandatangani kesepakatan untuk memberikan layanan dasar kepada ribuan pengungsi Rohingya yang telah dipindahkan ke pulau terpencil di Teluk Benggala.

Penandatanganan dilakukan oleh Bangladesh dengan badan pengungsi PBB, UNHCR, pada Sabtu (9/10), seperti dimuat The Star.

"Ini mencakup bidang-bidang utama perlindungan, pendidikan, pelatihan keterampilan, mata pencaharian dan kesehatan, yang akan membantu mendukung para pengungsi untuk menjalani kehidupan yang layak di pulau itu dan lebih mempersiapkan mereka untuk kembali ke Myanmar secara berkelanjutan di masa depan," kata UNHCR.

Pemerintah Bangladesh telah memindahkan hampir 19 ribu pengungsi Rohingya ke pulau Bhasan Char dari kamp perbatasan meskipun ada protes oleh beberapa pengungsi dan oposisi dari kelompok hak asasi.

Protes sendiri muncul lantaran pulau itu rentan terhadap banjir dan badai.

Pihak berwenang di negara Asia Selatan yang berpenduduk padat itu pada akhirnya ingin pulau itu menampung sekitar 10 persen dari 1 juta pengungsi Rohingya yang saat ini tinggal di kamp-kamp perbatasan yang bobrok setelah melarikan diri dari kekerasan di negara tetangga Myanmar.

Menurut seorang pejabat senior di Kementerian Penanggulangan Bencana dan Bantuan, Mohammad Mohsin, sekitar 81 ribu Rohingya harus tinggal di pulau itu dalam waktu tiga bulan.

Pengungsi di Bhasan Char, beberapa di antaranya telah memprotes kondisi kehidupan di pulau itu, menyambut baik keterlibatan UNHCR.

"Sekarang kami akan mendapatkan cukup bantuan yang kami butuhkan," kata seorang pengungsi Rohingya, Mohammed Arman. []

Artikel Asli