Sekolah Inggris-Belgia: Anak Jangan Tonton Squid Game

republika | Global | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 00:35
Sekolah Inggris-Belgia: Anak Jangan Tonton Squid Game

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Squid Game saat ini menjadi salah satu serial paling populer di Netflix. Berkat popularitasnya, banyak anak menonton lalu memperagakan sejumlah adegan berbahaya yang ada di serial drama bergenre aksi petualangan thriller tersebut.

Squid Game merupakan drama dengan rating 18+ bukan saja karena aspek kekerasan. Adegannya juga menggunakan percakapan yang tak baik untuk anak-remaja, memuat horor mencekam, dan ada risiko adegannya ditiru pemirsa cilik.

Khawatir dengan dampaknya pada anak-anak, sejumlah sekolah di Inggris pun mengimbau orang tua untuk tidak membiarkan buah hati mereka menonton Squid Game. Serial yang tayang dalam sembilan episode di Netflix itu mengajak 456 orang yang terlilit utang dan tak sanggup membayarnya untuk mendapatkan hadiah senilai 456 juta won (sekitar setengah triliun) dengan melakukan permainan tanpa bisa mundur dengan alasan apapun.

Mereka harus terus bermain kalau mau selamat. Sementara itu, dalam salah satu episode, orang di balik permainan sadis itu tampak puas melihat peserta terteror oleh aturan mainnya.

"Sekolah mendesak orang tua untuk tidak membiarkan anak-anak menonton acara Netflix Squid Game karena banyak murid yang meniru hasil pertunjukan, seperti memukuli pemain yang tersingkir," tulis laporan The Sun, dikutip Sabtu (09/10).

Artikel Asli