Loading...
Loading…
Bocoran Video Ungkap Penyiksaan dan Pemerkosaan Ratusan Tahanan di Penjara Rusia

Bocoran Video Ungkap Penyiksaan dan Pemerkosaan Ratusan Tahanan di Penjara Rusia

Global | okezone | Kamis, 07 Oktober 2021 - 09:47

MOSKOW - Pihak berwenang Rusia menyelidiki tuduhan penyiksaan dan pemerkosaan di sistem penjara negara itu, setelah video yang bocor menunjukkan narapidana dilecehkan.

Lebih dari seribu video bocor ke kelompok hak asasi manusia Gulagu.net, yang mengklaim rekaman itu membuktikan ratusan orang telah disiksa di dalam penjara. Salah satu video yang muncul menunjukkan seorang pria telanjang dianiaya dengan tongkat di sebuah rumah sakit penjara di kota Saratov.

BBC belum dapat memverifikasi rekaman secara independen.

Video lain muncul menunjukkan seorang pria berbaring telungkup dengan tangan di punggungnya, saat seorang penjaga menekan sepatu bot ke punggungnya.

Rekaman-rekaman tersebut adalah bagian dari kumpulan besar file yang disediakan oleh pelapor anonim Belarusia yang bertugas di fasilitas Saratov, kata Gulagu.net.

"Jika keaslian bahan ini dikonfirmasi, itu akan menjadi dasar penyelidikan serius," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, Selasa (5/10/2021) sebagaimana dilansir BBC .

Dia menambahkan bahwa Layanan Lembaga Pemasyarakatan Federal (FSIN), yang mengawasi penjara Rusia sedang menyelidiki masalah ini.

Sebuah tim FSIN telah dikirim ke penjara Saratov untuk memverifikasi tuduhan tersebut, sementara jaksa juga dilaporkan sedang menyelidiki klaim tersebut.

Pada Selasa malam, kepala cabang FSIN di wilayah Saratov dilaporkan mundur karena skandal itu. Alexei Fedotov mengajukan surat pengunduran diri, menurut kantor berita Interfax.

Original Source