Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Dua Ada di Asia

Global | sindonews | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 03:00
Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Dua Ada di Asia

JAKARTA - Indonesia pernah mengalami masa pahit selama ratusan tahun akibat dijajah oleh Belanda dan Jepang . Meski pahit, fakta itu adalah sebuah sejarah yang patut diingat karena merupakan perjalanan pembentukan negeri besar ini.

Di era kolonialisme, memang banyak negara yang harus merasakan getirnya kehidupan di bawah penjajahan. Namun demikian, ada sejumlah negara yang rupanya tidak pernah merasakan kukungan kolonialisme. Berikut negara yang tidak pernah dijajah di dunia.

Baca: Pendudukan Jepang di Indonesia Menyimpan Sejumlah Sejarah

1. Denmark

Denmark merupakan negara di benua Eropa yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Beragam sumber menyebut negeri ini tidak memiliki kekayaan yang cukup melimpah. Sehingga, negara asing tidak berminat untuk menguasainya. Ditambah, wilayah daratannya yang kerap tertutup salju. Hal itu menyebabkan tanaman dan potensi alam Denmark tidak terlihat maksimal.

Melansir artikel yang diproduksi Universitas Kristen Satya Wacana bertajuk Sistem Pemerintahan Monarki di Berbagai Negara, Denmark mempunyai sistem pembagian kekasaan monarki konstitusional. Adapun perangkat negara yang bertugas adalah raja atau ratu, perdana menteri, kabainet dan perlemen. Pada 1953, konsitusi Denmark terbagi 3 cabang, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Baca: China pada Inggris: Tinggalkan Pemikiran Kolonial Kalian!

2. Ethiopia

Ethiopia merupakan negara merdeka tertua di benua Afrika. Melansir informasi yang ada dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, 3 warna bendera Ethiopia banyak diadopsi oleh negara lain di benua tersebut. Pasalnya, Ethiopia tidak pernah dijajah oleh bangsa asing.

Penjelasan lebih rinci terdapat dalam jurnal Kajian Wilayah bertajuk Pertumbuhan dan Pembangunan di Sub-Sahara Afrika:Pengalaman Ethiopia yang dirilis oleh Pusat Penelitian Sumber Daya Regional LIPI tahun 2019. Disebutkan, eksistensi Ethiopia sudah ada sejak zaman kerajaan Aksum, sekitar abad 8 SM.

Negeri ini pernah mengalahkan upaya kolonialisme Italia pada 1896 dalam perang Battle of Adwa. Ethiopia kembali menggulung Italia, ketika negara tersebut kembali berusaha menjajah di tahun 1935 hingga 1936. Keberhasilan Ethiopia itu menjadikannya sebagai satu-satunyaa negara di benua Afrika yang tidak pernah dijajah.

Baca: 75 Tahun Kemerdekaan RI, Ketua DPR Ingin Produk Hukum Era Kolonial Diganti

3. Jepang

Negara yang terletak di Asia Timur ini juga masuk ke dalam daftar negara yang tidak pernah dijajah. Bahkan, Jepang tercatat pernah menjajah beberapa negara, termasuk Indonesia dan Korea. Namun, pada akhir Perang Dunia 2, Jepang pernah mengalami kehancuran akibat serangan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki.

Mengutip informasi artikel terbitan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) UNY berjudul Nasionalisme Asia Timur: Suatu Perbandingan Jepang, Cina, Korea, meskipun Jepang tidak pernah dijajah bangsa Barat, namun ancaman penjajahan terhadap negeri Sakura itu terbuka lebar.

Maka dari itu, nasionalisme rakyat Jepang sangat erat. Nasionalisme di Jepang lahir dengan fokus mempertahankan dan mengkokohkan kedaulatan. Sehingga, Jepang mampu menghindarkan diri dari ancaman kolonialisme negeri Barat.

Fondasi nasionalisme Jepang sebenarnya sudah diimplementasikan sejak abad ke-18. Ketika itu, Jepang mendapat ancaman penjajahan dari Portugis. Cara yang digunakan untuk menghapuskan peluang kolonialisme adalah dengan menerapkan politik isolasi.

Baca: Rampogan Macan-Sima Maesa, Cara Orang Jawa Membunuh Kolonial Belanda

4. Thailand

Negeri Gajah Putih, Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang bebas dari belenggu penjajahan. Menurut Jurnal Hubungan Internasional berjudul Sekuritas Isu Separatisme Patani, Thailand Selatan dalam Perpektiv Konstruktivisme, Thailand merupakan kawasan di Asia Tenggara yang menjadi buffer zone atau zona penyangga antara Inggris dan Prancis.

Ketika itu, negara lain di sekitar Thailand seperti Myanmar, Laos, Vietnam dan Kamboja dijajah oleh Prancis dan Inggris. Meskipun luput dari jajahan, namun Thailand juga tak lepas dari masalah konflik yang mendera dalam negerinya. Konflik antara pemerintah dengan kaum minoritas (muslim Melayu) kerap terjadi di negara itu.

*diolah dari berbagai sumber

Artikel Asli