Pertama Kali, Aktris Rusia Dikirim ke Stasiun Luar Angkasa untuk Rekaman Film

Global | sindonews | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:44
Pertama Kali, Aktris Rusia Dikirim ke Stasiun Luar Angkasa untuk Rekaman Film

MOSKOW - Pesawat antariksa yang membawa aktris Rusia Yulia Peresild telah mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa (5/10/2021). Beberapa pemirsa siaran langsung terkejut karena sang aktris berpartisipasi aktif dalam manuver docking manual layaknya astronot sebenarnya.

Pemain dan pembuat film terkenal Klim Shipenko bergabung dengan kosmonot profesional Anton Shkaplerov di atas Soyuz MS-19, yang meluncur dari kosmodrom Baikonur pada Selasa pagi (5/10/2021).

Kemudian pada hari itu juga pesawat antariksa itu gagal berlabuh di ISS dalam mode otomatis, sehingga pendekatan dibatalkan, dan Shkaplerov berhasil melakukan prosedur secara manual.

Sangat mengejutkan beberapa pengamat, dalam momen menegangkan tersebut, Peresild memainkan peran aktif selama proses tersebut.

Siaran langsung oleh badan antariksa Rusia, Roscosmos, mencakup beberapa komunikasi kru, di mana aktris itu terdengar mengkonfirmasi perintah komandan dan memberinya umpan balik.

Peresild bukanlah penjelajah ruang angkasa karir dan pelatihannya sebelum perjalanan agak terbatas, dibandingkan dengan apa yang biasanya dilakukan astronot sebenarnya sebelum duduk di pesawat antariksa.

"Ya, dia bekerja," ujar kosmonot Mark Serov yang mengomentari misi yang sedang berlangsung dari Roscosmos.

"Panel kontrol pesawat ruang angkasa Soyuz MS memiliki beberapa kontrol yang tidak dapat dijangkau oleh komandan dari tempat duduknya," papar dia.

Rekannya, koresponden Roscosmos Nikolay Vdovin, berkomentar bagaimana misi itu berubah menjadi bersejarah dalam berbagai cara.

"Ada seorang wanita di orbit, seorang warga Rusia, berpartisipasi dalam docking meskipun bukan (kosmonot) profesional. Saya kira dia bisa dianggap sebagai dilettante yang berubah menjadi kosmonot profesional," ujar dia.

"Nah, ini antariksa untukmu," papar Vdovin.

Program luar angkasa Rusia mungkin adalah yang pertama di dunia yang membawa seorang wanita ke luar angkasa dan melakukan perjalanan antariksa, tetapi Rusia terkenal menolak memiliki penjelajah luar angkasa wanita di krunya.

Ada total empat kosmonot wanita profesional di Rusia yakni Valentina Tereshkova dan Svetlana Savitskaya di era Uni Soviet, dan Yelena Kondakova dan Yelena Serova di era Rusia modern.

Mereka menerbangkan total enam misi di antaranya. Jadi dalam cara tertentu Peresild menggedor langit-langit kaca luar angkasa yang terkenal di Rusia saat dia mempersiapkan sesi akting perintisnya di ISS.

Dia dan Shipenko dijadwalkan menjadi kru film pertama yang melakukan syuting untuk film di orbit rendah Bumi.

Film yang dibintangi Peresild ini berjudul "The Challenge". Karakternya adalah seorang dokter, yang harus pergi ke luar angkasa dan melakukan operasi jantung di gravitasi nol untuk menyelamatkan nyawa seorang kosmonot.

Artikel Asli