3.047 Orang Meksiko Tersangkut Pandora Papers, 10 Kali Lipat dari yang Terungkap Panama Papers

Global | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:19
3.047 Orang Meksiko Tersangkut Pandora Papers, 10 Kali Lipat dari yang Terungkap Panama Papers

RMOL.Sekitar 80 politisi dan anggota keluarga mereka ada di antara 3.000 orang Meksiko yang muncul dalam laporan Pandora Papers yang baru-baru ini dipublikasikan.

Hal itu terungkap dalam laporan yang diterbitkan Quinto Elemento Lab yang mengatakan bahwa wartawan majalah berita Proceso, El Pais, dan jaringan televisi Univision telah meninjau Pandora Papers selama beberapa bulan. Mereka menemukan ada 3.047 orang Meksiko memiliki kepentingan di hampir 2.000 perusahaan, perwalian, dan yayasan lepas pantai yang sulit dilacak, yang berlokasi di 22 yurisdiksi berbeda.

Penyelidikan Pandora Papers menemukan bahwa orang-orang Meksiko telah menciptakan perusahaan cangkang untuk membeli properti mewah, jet pribadi dan kapal pesiar, membayar pajak lebih sedikit, mengelola kekayaan dan warisan, mengelola investasi, membuka rekening bank dan menyisihkan keuntungan dari bisnis mereka, kata laporan itu seperti dikutip dari Mexico News Daily, Rabu (6/10).

Menurut laporan tersebut, memiliki perusahaan cangkang untuk menyimpan kekayaan di luar negeri bukanlah hal yang ilegal di Meksiko, tetapi penggunaan perusahaan lepas pantai dapat menjadi sangat kontroversial dalam kasus politisi dan pejabat publik karena mereka dapat menggunakannya untuk menyembunyikan uang dan aset dari suap atau pengalihan sumber daya publik.

Ini menjadi perhatian khusus di negara-negara seperti Meksiko di mana korupsi merajalela dan pemerintah telah melakukan pekerjaan yang buruk dalam mencegah pelanggaran ini, kata laporan itu.

Di antara 80 tokoh politik Meksiko yang terjerat Pandeora Papers adalah Julio Scherer Ibarra, mantan penasihat hukum Presiden Lpez Obrador yang menjadi pemegang saham besar di sebuah perusahaan yang berdomisili di British Virgin Islands. Perusahaan itu juga mengendalikan perusahaan lain yang memiliki apartemen senilai 1,5 juta dolar AS di Miami.

Ada juga Jorge Arganis Daz Leal, menteri komunikasi dan transportasi federal, Armando Guadiana Tijerina, seorang senator federal untuk partai Morena yang berkuasa, dan Enrique Martinez, mantan gubernur Coahuila Revolusioner Institusional (PRI) yang juga pernah menjadi pertanian federal.

Orang lain yang sebagian diidentifikasi tetapi tidak disebutkan namanya termasuk sekretaris pemerintah Coahuila, kepala kantor Gubernur Morelos Cuahtmoc Blanco dan saudara dari mantan gubernur Yucatn.

Jumlah total penduduk Meksiko yang muncul di Pandora Papers 10 kali lebih besar dari jumlah yang muncul di Panama Papers yang diterbitkan pada tahun 2016.

Presiden Lopez Obrador mengatakan pada hari Senin bahwa dia mendukung orang-orang Meksiko yang disebutkan dalam Pandora Papers yang sedang diselidiki. Unit Intelijen Keuangan pemerintah mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan sehubungan dengan publikasi mereka. []

Artikel Asli