Sulit Mengurus Dokumen Karena Nama Anak Terlalu Panjang, Warga Tuban Surati Jokowi

Global | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 12:40
Sulit Mengurus Dokumen Karena Nama Anak Terlalu Panjang, Warga Tuban Surati Jokowi

Kesulitan mengurus sejumlah dokumen, pasangan suami istri di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, bernama Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lewat surat tersebut, keduanya meminta tolong kepada Jokowi untuk memberikan solusi permasalahannya dalam mengurus dokumen akta kelahiran sang anak. Arif kesulitan membuat akta untuk anaknya lantaran nama yang terlalu panjang.

Nama anak yang lahir 6 Januari 2019 itu ternyata melebihi batas maksimal karakter yang ditentukan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Nama anak tersebut adalah "Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta".

Itu merupakan nama pemberian paman si anak yang merupakan tokoh adat Tuban, Mujoko Sahid. Ia ingin ponakannya tersebut bernalar dan berpikir panjang, seperti namanya dan tidak mudah diracuni berita hoaks.

Menemui masalah karena tidak memiliki jalan keluar lain membuat Arif melayangkan surat terbuka kepada Jokowi. Surat yang Ia tulis itu pun diunggah ke media sosial (medsos) pribadi miliknya.

Arif berharap dengan surat tersebut, Jokowi bisa memberikan solusi permasalahannya tanpa mengubah atau mengganti nama sang anak.

Artikel Asli