Rusia Kirim Sutradara dan Artis Buat Film di Luar Angkasa

Global | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 10:25
Rusia Kirim Sutradara dan Artis Buat Film di Luar Angkasa

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Seorang aktris Rusia dan seorang sutradara film meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa (5/10). Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 akan berlabuh pada 12.12 di stasiun yang mengorbit Bumi pada ketinggian sekitar 354 km.

Aktris Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko akan mencapai kosmos sebelum Tom Cruise. Aktor asal AS itu rencananya akan meluncurkan roket SpaceX untuk film Hollywood yang belum diberi judul dan diumumkan oleh NASA tahun lalu.

"Luar angkasa adalah tempat kami menjadi pionir dan kami masih mempertahankan keunggulan percaya diri terlepas dari segalanya," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov setelah peluncuran.

Peresild dan Shipenko ditemani pada peluncuran misi 12 hari mereka oleh dua kosmonaut Rusia. Roket diluncurkan dari kosmodrom Baikonur yang disewa Rusia di stepa Kazakhstan.

Media pemerintah Rusia menyediakan liputan dengan jam hitung mundur berjalan di Channel One. Pembawa berita membingkai perkembangan ini sebagai terobosan signifikan oleh Rusia yang diawasi oleh seluruh dunia dengan cermat.

Peluncuran proyek untuk film The Challenge menempatkan Rusia di jalur untuk mengalahkan Amerika Serikat (AS) dalam babak terbaru. Moskow mencoba menyaingi AS dalam perlombaan luar angkasa kembali.

Industri luar angkasa Rusia dalam beberapa tahun terakhir dirundung penundaan, kecelakaan, dan skandal korupsi. Sementara perusahaan swasta AS yang didukung oleh pengusaha kaya seperti Elon Musk dan Jeff Bezos telah mengembangkan pesawat luar angkasa baru.

Persaingan Rusia dengan AS di angkasa adalah ciri khas Perang Dingin. Moskow meluncurkan satelit pertama dan menempatkan laki-laki dan perempuan pertama di luar angkasa. Akan tetapi NASA mengalahkannya hingga mendarat di bulan. Baru-baru ini, mereka telah bekerja sama di ISS, dengan kosmonaut dan astronaut telah hidup berdampingan selama beberapa dekade.

"Ya, yang lain menginjak kaki (kami), tetapi jelas bahwa ada persaingan dalam arti yang baik. Bagi negara kami, penerbangan seperti ini, yang mempopulerkan pencapaian kami dan tema luar angkasa secara umum, adalah kabar baik," ujar Peskov.

Dalam film tersebut, Peresild berperan sebagai seorang dokter yang diminta melakukan perjalanan ke stasiun luar angkasa untuk menyelamatkan nyawa seorang kosmonaut. Anggota kru kosmonaut juga akan muncul.

Sutradara Shipenko yang tingginya 1,9 meter akan membuat penerbangan dalam kapsul kecil sangat menantang. Dia mengatakan telah menantikan sekuel dengan latar belakang cerita di Mars.

Artikel Asli