Ketegangan Meningkat, Biden-Xi Jinping Sepakat Patuhi Perjanjian Taiwan

Global | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:36
Ketegangan Meningkat, Biden-Xi Jinping Sepakat Patuhi Perjanjian Taiwan

RMOL.Ketegangan yang meningkat antara China dan Taiwan menjadi salah satu perbincangan utama antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan Presiden Xi Jinping.

Dalam panggilan telepon pada Selasa (5/10), Biden mengatakan keduanya sepakat akan mematuhi perjanjian, yang kemungkinan merujuk pada kebijakan "Satu China".

"Saya sudah berbicara dengan Xi tentang Taiwan. Kami setuju, kami akan mematuhi perjanjian Taiwan. Kami menjelaskan bahwa saya tidak berpikir dia harus melakukan apa pun selain mematuhi perjanjian," ujar Biden, seperti dimuat Reuters.

Berdasarkan UU Hubungan Taiwan, AS memutuskan untuk membangun hubungan diplomatik dengan Beijing, alih-alih Taiwan.

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, yang harus diambil secara paksa jika perlu. Sementara Taiwan mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka dan demokrasi.

Taiwan telah melaporkan 148 pesawat angkatan udara China di bagian selatan dan barat daya zona pertahanan udaranya selama periode empat hari yang dimulai pada Jumat (1/10), hari yang sama China menandai hari libur patriotik utama, Hari Nasional.

Amerika Serikat mendesak China pada Minggu (3/10) untuk menghentikan kegiatan militernya di dekat Taiwan.

"Amerika Serikat sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif Republik Rakyat China di dekat Taiwan, yang mengganggu stabilitas, berisiko salah perhitungan, dan merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata jurubicara Departemen Luar Negeri Ned Price. []

Artikel Asli