Peringatan HUT ke-76 TNI di Brunei, Dubes Sujatmiko Apresiasi Peran Penting TNI Hadapi Pandemi

Global | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:51
Peringatan HUT ke-76 TNI di Brunei, Dubes Sujatmiko Apresiasi Peran Penting TNI Hadapi Pandemi

RMOL.KBRI Bandar Seri Begawan memberikan apresiasi kepada TNI yang mampu mengatasi banyak tantangan, termasuk bisa beradaptasi menghadapi pandemi Covid-19.

Pandemi yang melanda Indonesia dan dunia saat ini adalah salah satu bentuk tantangan dan ancaman.

TNI telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan dan menghadapi tantangan yang berubah dari waktu ke waktu. Tantangan itu memiliki dimensi berbeda, kompleksitas yang semakin tinggi, dan dapat datang dari mana saja, ujar Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko, dalam pidatonya pada upacara peringatan HUT ke-76 TNI, Selasa (5/10).

Upacara ini diselenggarakan oleh KBRI Bandar Seri Begawan yang dilakukan secara hybrid. Hadir dalam upacara ini seluruh pejabat dan staf KBRI, serta perwakilan dari beberapa komunitas masyarakat Indonesia yang ada di Brunei Darussalam.

Dubes Sujatmiko juga mengapresiasi kemampuan TNI yang menghadapi ancaman tradisional dan non-tradisional. Dengan adanya peningkatan Alutsista yang dimiliki, TNI akan semakin mampu menghadapi ancaman terhadap keutuhan NKRI, menurutnya.

Saya yakin TNI akan semakin mampu menjaga perbatasan darat dan laut dan teritorial laut Indonesia. Sebagai negara kepulauan, kita wajib dan harus mampu menjaga territorial water kita karena disanalah kita memiliki kekayaan yang tak terhingga nilainya, paparnya.

Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI terselenggara di saat Brunei Darussalam menghadapi gelombang kedua Covid-19. Upacara berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain Upacara dan Syukuran, Kantor Atase Pertahanan RI juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan pembagian sembako kepada WNI terdampak pandemi Covid-19 dan Webinar bertema "Menanamkan Jiwa Patriotisme dalam Keluarga sebagai Wujud Cinta Tanah Air dan Bangsa yang dilakukan pada pekan lalu.

Menutup upacara, Dubes Sujatmiko menyampaikan harapan agar TNI semakin berdedikasi dan semakin jaya dalam menghadapi ancaman yang ada. []

Artikel Asli