Menteri Transportasi India Wacanakan Ganti Suara Klakson Kendaraan dengan Suara Alat Musik

Global | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:35
Menteri Transportasi India Wacanakan Ganti Suara Klakson Kendaraan dengan Suara Alat Musik

NEW DELHI - Menteri Transportasi India dilaporkan sedang mempertimbangkan wacana undang-undang yang akan berusaha untuk menggantikan suara hiruk-pikuk klakson mobil dengan suara musik.

"Saya sedang mempertimbangkan hal ini dan segera berencana untuk membuat aturan hukum agar semua klakson kendaraan diganti suaranya dengan alunanalat musik India sehingga enak didengar," kata Menteri Nitin Gadkari pada media lokal pada Senin (4/10).

"Suara klakson yang hingar bingar bisa digantikan suara seruling, tabla, biola, atau harmonika," imbuh dia.

Gadkari juga mengatakan dia ingin mengganti suara sirene yang menjengkelkan yang digunakan oleh ambulans dan kendaraan dinas polisi dengan nada yang menenangkan.

India memiliki sejumlah kota paling berisik di dunia. Suara berisik dari kendaraan umum roda tiga, bus, taksi, sepeda motor dan mobil pribadi terdengar amat memekakkan telinga terutama saat jalanan macet.

Di India, klakson dianggap hampir sama pentingnya dengan pedal gas dan lebih banyak digunakan oleh pengemudi kendaraan untuk memperingatkan orang atau pengguna jalan lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan polusi suara dapat menyebabkan gangguan pendengaran, masalah kardiovaskular, gangguan kognitif, stres dan depresi. AFP/I-1

Artikel Asli