Kasus Positif Covid di Azerbaijan Meningkat, Kantor Pimpinan Tertinggi Iran Ditutup

Global | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 05:54
Kasus Positif Covid di Azerbaijan Meningkat, Kantor Pimpinan Tertinggi Iran Ditutup

BAKU, iNews.id - Kantor Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei di ibu kota Azerbaijan, ditutup akibat pandemi Covid-19.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Azerbaijan, Ehsan Zahidov mengatakan, kantor Ali Akber Ocaqnejat, perwakilan Khamenei di Kota Baku ditutup.

"Kantor ditutup sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memerangi pandemi virus corona," katanya pada Selasa (5/10/2021).

Zahidov menambahkan, ada juga tempat-tempat lain yang ditutup karena meningkatnya kasus Covid-19 di negara itu. Salah satunya Masjid Huseyniye.

"Seperti tempat lain, Masjid Huseyniye juga ditutup. Saat ini, layanan epidemiologi tengah dilakukan di sana," tambahnya.

Ketegangan antara Baku dan Teheran meningkat belakangan pasca-pembebasan Karabakh oleh pasukan Azerbaijan. Wilayah itu diduduki secara ilegal oleh pasukan Armenia selama hampir tiga dekade.

Truk trailer Iran masuk Karabakh. Hal itu pun dikritik oleh Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev.

Iran dianggap melakukan tindakan ilegal meskipun ada peringatan dan tak menghormati pemerintah Azerbaijan.

"60 truk Iran memasuki wilayah Karabakh Azerbaijan tanpa izin antara 11 Agustus dan 11 September tahun ini. Azerbaijan meminta Iran untuk mengakhiri praktik tersebut," katanya.

Aliyev juga mempertanyakan latihan militer yang baru-baru ini digelar oleh Iran di dekat perbatasan Azerbaijan.

"Ini adalah peristiwa yang sangat mengejutkan. Setiap negara dapat melakukan latihan militer apa pun di wilayahnya sendiri. Itu adalah hak kedaulatan mereka. Tapi mengapa sekarang, dan mengapa di perbatasan kita?" dia bertanya.

Artikel Asli