Mundur sebagai Perdana Menteri NSW, Berejiklan Sasar Politik Federal dan Kursi Dewan Warringah

Global | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:06
Mundur sebagai Perdana Menteri NSW, Berejiklan Sasar Politik Federal dan Kursi Dewan Warringah

RMOL.Karir politik Gladys Berejiklian masih terlihat benderang. Meskipun ia telah mengundurkan diri sebagai perdana menteri NSW dan dikaitkan dengan penyelidikan dugaan pelanggaran jabatan, namun karirnya belum berakhir.

Perdana Menteri Scott Morrison bahkan mengisyaratkan bahwa Berejiklian dapat bergerak ke politik federal.

Berejiklian mengundurkan diri pada Jumat (1/10) setelah Komisi Independen Anti Korupsi mengumumkan sedang menyelidiki dugaan keterlibatannya atas pelanggaran kepercayaan publik yang berlangsung antara 2012 hingga 2018.

Meskipun ia membantah keras dan mengklaim bahwa ia tidak melakukan pelanggaran apa pun, ia memilih mundur untuk untuk memudahkan penyelidikan dan bahwa ia tidak memiliki pilihan lain. Ia akan menunggu untuk melihat bagaimana penyelidikan berjalan.

Berbicara kepada Channel 7's Sunrise, Selasa (5/10) Morrison mengatakan bahwa Berejiklian bisa berkontribusi lebih banyak dalam politik federal usai pengunduran dirinya.

"Berejiklian merasa harus menyelesaikan dulu permasalahan yang dihadapinya, tetapi setelah ini selesai, saya yakin, dia akan lebih siap untuk terjun ke politik lagi," kata Morrison.

"Dia harus tahu bahwa dia memiliki dukungan luar biasa baik di Partai Liberal mapupun di seluruh NSW untuk pekerjaan fantastis yang telah dia lakukan selama ini," tambahnya.

Morrison menyerahkan semuanya kepada Berejiklian apa yang akan dilakukannya setelah urusannya selesai. Ia yakin, ada banyak orang yang menunggu Berejiklian muncul kembali di dunia politik, atau berkontribusi bagi masyarakat dengan cara apa pun.

Jika dia berhasil mencalonkan diri untuk politik federal maka dia bisa memperebutkan kursi Dewan Warringah di pantai utara Sydney, yang saat ini dipegang oleh Zali Steggall yang independen.

The Guardian
melaporkan senior federal Liberal percaya bahwa Berejiklian akan menjadi kandidat yang fantastis di tingkat nasional.

Anggota parlemen Liberal John Alexander mengomentari sosok Berejiklian sebagai sosok wanita yang sangat percaya diri.

"Betapa berharganya dia untuk Partai Liberal. Anda membawa seorang wanita yang sangat percaya diri, sepenuhnya pada kemampuannya. Itu akan membantu untuk mengatasi kekurangan wanita di partai itu. Bagus bila bisa membujuknya kembali terjun ke Politik. Tetapi dia mungkin perlu waktu untuk memperbaiki jalannya," ujar Alexander.

Investigasi akan menyelidiki apakah Berejiklian terlibat dalam pelanggaran kepercayaan publik atas pemberian hibah komunitas kepada pemilih dari pacarnya saat itu, seorang anggota parlemen NSW Daryl Maguire.

Berejiklian yang belum terlihat lagi sejak pengumuman pengunduran dirinta, belum memberikan komentar tentang rencana mencalonkan diri untuk politik federal. []

Artikel Asli