Spanyol Berencana Naikkan Gaji Pegawai Negeri

Global | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:00
Spanyol Berencana Naikkan Gaji Pegawai Negeri

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pemerintah Spanyol berencana untuk menaikkan gaji pegawai negeri sebesar dua persen pada tahun 2022. Seorang sumber dari kementerian keuangan mengatakan langkah ini diambil agar gaji pegawai negeri sesuai dengan kenaikan harga kebutuhan pokok, Selasa (5/10).

Kenaikan gaji akan diratifikasi oleh seluruh kabinet dan lalu parlemen sebelum akhir tahun ini. Kenaikan akan masuk anggaran pemerintah tahun depan. Data kilat badan statistik nasional Spanyol, INE, pekan lalu menunjukkan angka inflasi 12 bulan terakhir mencapai empat persen, tertinggi dalam 13 tahun terakhir.

Pemerintah mengatakan kenaikan harga bersifat sementara. Namun bank sentral, Bank Spanyol, memperingatkan dampak kedua seperti kenaikan gaji atau upah yang membuat inflasi bertahan.

September lalu upah minimum Spanyol sudah dinaikkan 1,6 persen. Pemerintah berencana menaikkan lain pada 2022. Pensiunan publik akan dinaikkan pada 1 Januari untuk disesuaikan dengan angka inflasi rata-rata tahun 2021. Pakar memprediksi sekitar 2,8 persen.

Partai sayap kiri Unidas Podemos yang berkompromi dengan koalisi berkuasa sepakat dengan rancangan anggaran pemerintah setelah sempat perdebatan selama berminggu-minggu. Akhirnya kedua belah pihak menemukan titik temu dalam isu perumahan, masalah yang paling banyak disengketakan.

Artikel Asli