Hina Pemain Bulu Tangkis Malaysia Keturunan India di Piala Sudirman, Politikus Ini Mundur

inewsid | Global | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 16:13
Hina Pemain Bulu Tangkis Malaysia Keturunan India di Piala Sudirman, Politikus Ini Mundur

KUALA LUMPUR, iNews.id - Politikus Malaysia Borhanuddin Che Rahim meminta maaf lalu mengundurkan diri dari jabatannya di Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) setelah menghina pemain bulutangkis nasional keturunan India, Kisona Selvaduray. Saat itu Kisona sedang berlaga di Piala Sudirman di Finlandia.

Dalam posting-an di Facebook Borhanuddin menulis pernyataan rasisme, Dari perkebunan mana BAM (Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia) mengangkat orang India (k*l*ng) ini menjadi pemain utama Malaysia?

BAM pun merespons di laman Facebook untuk membela dan menunjukkan solidaritas terhadap atletnya seraya mengecam pernyataan Borhanuddin.

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) benar-benar terkejut dengan pernyataan rasis yang dibuat terhadap pemain tunggal putri nasional kami, S Kisona. Sebagai badan olahraga di negara ini, BAM sama sekali tidak menoleransi segala bentuk rasisme atau diskriminasi sehingga kami sangat mengutuk pernyataan tersebut dan akan selalu membela para pemain kami," bunyi pernyataan, seperti dilaporkan kembali World of Buzz, Senin (4/10/2021).

Pernyataan mengerikan seperti itu tidak beralasan dan kami mendesak semua warga Malaysia untuk mengutuk tindakan tidak masuk akal tersebut. BAM akan terus berjuang untuk memberantas rasisme dalam olahraga, khususnya di ranah bulu tangkis."

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Ahmad Faizal Azumu juga mengecam posting-an rasis tersebut.

Kecaman juga datang dari kalangan lembaga swadaya masyarakat, termasuk Pemuda MIC Nasional, yang akan melaporkan Boerhanuddin ke polisi.

Setelah mendapat kecaman, Borhanuddin menghapus postingan tersebut dan menyampaikan permintaan maaf. Dia juga mengundurkan diri dari posisinya sebagai Wakil Ketua Bersatu Divisi Pasir Puteh.

Saya mengakui melakukan kesalahan dan menyadari telah melakukan kesalahan besar melalui pernyataan itu. Selaras dengan perbuatan dan kesalahan yang saya lakukan melalui 'postingan' di akun Facebook Borhan Che Rahim tertanggal 1 Oktober 2021, terhadap pemain bulu tangkis nasional, saya mencabut pernyataan dan secara terbuka meminta maaf kepada semua warga Malaysia, katanya.

Artikel Asli