Sudah Empat Putaran, Dialog Perdamaian Arab Saudi dan Iran Masih Berlanjut

rmol.id | Global | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 13:28
Sudah Empat Putaran, Dialog Perdamaian Arab Saudi dan Iran Masih Berlanjut

RMOL.Arab Saudi dan Iran yang kerap disebut "musuh bebuyutan" sudah menjalani empat putaran dialog untuk meredakan ketegangan dalam beberapa bulan terakhir.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan, kedua belah pihak telah menjalani pembicaraan putaran keempat pada 21 September.

"Diskusi ini masih dalam tahap eksplorasi, dan kami berharap mereka meletakkan dasar untuk mengatasi masalah antara kedua belah pihak," ujarnya dalam konferensi pers di Riyadh pada Minggu (3/10).

Pangeran Faisal tidak mengungkapkan lokasi pertemuan atau tingkat perwakilan.

Dialog perdamaian antara Riyadh dan Teheran dimulai di bawah kepemimpinan Presiden Iran Hassan Rouhani, yang kemudian dilanjutkan pada pemerintahan Presiden Ebrahim Raisi sejak Agustus.

Tiga putaran pertama pembicaraan Saudi-Iran diadakan di Irak. Pembicaraan telah mengarah pada kemajuan serius mengenai keamanan Teluk.

Keduanya berharap pembicaraan dapat meredakan ketegangan, meski mengesampingkan kemajuan di bidang diplomatik.

Arab Saudi dan Iran kerap berselisih untuk banyak hal. Keduanya mendukung pihak yang berlawanan dalam konflik regional dan perselisihan politik di Suriah, Lebanon dan Irak selama bertahun-tahun.

Arab Saudi telah memimpin koalisi Arab yang berperang melawan gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman sejak 2015. []

Artikel Asli