Komentari Pandora Papers, Rusia: AS Sebagai Surga Pajak Terbesar di Saat Biden Nyatakan Perang Lawan Korupsi

rmol.id | Global | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 09:31
Komentari Pandora Papers, Rusia: AS Sebagai Surga Pajak Terbesar di Saat Biden Nyatakan Perang Lawan Korupsi

RMOL.Masuknya beberapa individu dan perusahaan AS dalam dokumen Pandora Papers yang mengguncangkan dunia, menjadi sorotan Rusia.

Melalui juru bicaranya, Rusia menyebut Washington harus menelaah kembali apa yang menjadi tugas utama keamanan nasional AS, yang salah satunya adalah pemberantasan korupsi.

Rusia juga menyinggung soal pidato Joe Biden beberapa bulan lalu soal pemberantasan korupsi.

Pada tanggal 4 Juni 2021, Presiden AS Joe Biden mengumumkan penerbitan Memorandum Studi Keamanan Nasional tentang Perang Melawan Korupsi untuk menetapkan pemberantasan korupsi sebagai kepentingan utama keamanan nasional AS. Itulah yang dia katakan," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, seperti dikutip dari TASS, Senin (4/10).

"Namun, hari ini, menurut The Guardian, Penyelidikan ICIJ menyebut AS sebagai surga pajak terbesar," lanjut kata Zakharova Zakharova di saluran Telegramnya.

Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) pada Minggu (3/10) menerbitkan kutipan dari sekitar 11,9 juta dokumen yang berisi informasi tentang kekayaan pejabat negara, politisi dan selebritas.

Menurut ICIJ, negara bagian South Dakota di AS telah menjadi salah satu pusat lepas pantai terbesar, di mana puluhan juta dolar telah ditransfer dari investasi lepas pantai 'tradisional', seperti Bahama dan Kepulauan Cayman dalam beberapa tahun terakhir. []

Artikel Asli