Lars Vilks Kartunis Nabi Muhammad Tewas, Faktor Kematiannya Tabrakan

koran-jakarta.com | Global | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 08:30
Lars Vilks Kartunis Nabi Muhammad Tewas, Faktor Kematiannya Tabrakan

Seorang kartunis Swedia yang membuat sketsa kepala Nabi Muhammad pada tubuh anjing telah meninggal dalam kecelakaan lalu lintas, menurut media lokal.

Lars Vilks dilaporkan bepergian dengan kendaraan polisi sipil yang bertabrakan dengan sebuah truk di dekat kota Markaryd di Swedia selatan.

Dua petugas polisi juga tewas dan sopir truk terluka.

Vilks (75) hidup di bawah perlindungan polisi setelah menjadi sasaran ancaman pembunuhan atas kartun tersebut.

Kartun yang diterbitkan pada 2007, menyinggung banyak Muslim yang menganggap representasi visual Nabi sebagai penghujatan. Itu terjadi setahun setelah surat kabar Denmark menerbitkan kartun Nabi.

Polisi belum mengungkapkan identitas mereka yang tewas dalam insiden hari Minggu, tetapi mitra Vilks mengkonfirmasi kematiannya kepada surat kabar Dagens Nyheter .

Surat kabar Dagens Nyheter mengatakan mitra artis mengkonfirmasi kematiannya, dan kantor berita Swedia TT mengatakan polisi telah mengkonfirmasi bahwa Vilks, 75, sedang bepergian dengan mobil dengan dua petugas polisi, yang juga meninggal. Menurut polisi, sebuah mobil polisi sipil dan sebuah truk bertabrakan dan terbakar pada Minggu sore di luar Markaryd. Sopir truk dibawa ke rumah sakit, dan penyebab tabrakan sedang diselidiki.

Sebuah pernyataan dari polisi mengatakan masih belum jelas bagaimana tabrakan itu terjadi tetapi pada awalnya tidak ada yang menunjukkan bahwa ada orang lain yang terlibat.

Kepala Polisi Nasional Anders Thornberg mengatakan "Dengan sangat cemas dan sedih saya menerima kabar bahwa dua rekan kami dan petugas keamanan kami meninggal sore ini. Pikiran saya tertuju pada kerabat, keluarga, teman, dan rekan kerja."

Stefan Sintus, kepala unit investigasi regional yang bertanggung jawab atas perlindungan pribadi di wilayah tersebut, mengatakan "Ini adalah peristiwa yang sangat tragis. Sekarang penting bagi kita semua bahwa kita melakukan segala yang kita bisa untuk mencari tahu apa yang terjadi di lokasi dan apa yang menyebabkan tabrakan."

Kartunis tersebut menyebabkan kemarahan dan menyebabkan Perdana Menteri Fredrik Reinfeldt bertemu dengan duta besar dari 22 negara Muslim dalam upaya untuk meredakan situasi.

Tak lama setelah itu, al-Qaeda di Irak menawarkan hadiah 100.000 dollar Amerika ( 73.692) untuk pembunuhannya.

Pada 2015, Vilks menghadiri debat tentang kebebasan berbicara yang menjadi sasaran serangan senjata di Kopenhagen. Kehadiran Vilks adalah fitur utama dari serangan teror, dia adalah pembicara bintang di acara kebebasan berbicara di sebuah kafe di mana seorang pria bersenjata Islam melepaskan tembakan. Dia mengatakan dia mungkin menjadi target serangan, yang menewaskan seorang sutradara film. Menewaskan seorang sutradara film dan melukai tiga polisi sebelum pergi ke sinagoga dan membunuh seorang relawan penjaga.

Artikel Asli