Honda Kembangkan Mobil Listrik Terbang

koran-jakarta.com | Global | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 06:23
Honda Kembangkan Mobil Listrik Terbang

TOKYO - Honda Motor pada akhir pekan lalu mengungkapkan bahwa mereka tengah mengembangkan mobil listrik terbang yang bisa terbang dengan jarak cukup jauh. Hal ini dimungkinkan karena Honda akan menggunakan teknologi yang telah dimilikinya dalam proyek pengembangan pesawat jet bisnis mereka, HondaJet.

"Kami sedang mengembangkan moda transportasi generasi berikutnya yaitu mobil listrik terbang yang bisa mendarat secara vertikal (eVTOL). Mobil listrik terbang ini ditargetkan akan diluncurkan pada 2030 atau setelahnya," demikian pernyataan Honda Motor.

Dalam pemaparannya, perusahaan otomotif asal Jepang itu mengatakan bahwa banyak kendaraan serupa yang tengah dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri yang memiliki jangkauan terbang sekitar 100 kilometer. Namun, Honda mengatakan eVTOL-nya akan memiliki jangkauan 400 kilometer dan memungkinkan transportasi antarkota.

Menurut presiden riset dan pengembangan yang sekaligus merangkap jabatan sebagai direktur perwakilan Honda Motor, Ohtsu Kenji, perusahaannya berharap bisa memperluas area baru dengan menciptakan teknologi dan produk berdasarkan teknologi inti yang dimilikinya.

Kabarnya Honda berencana melakukan uji terbang eVTOL-nya ini di Amerika Serikat secepatnya pada 2023 mendatang. SB/NHK/I-1

Artikel Asli