Upaya Kudeta di Sudan Berhasil Digagalkan, Situasi Terkendali

Global | okezone | Published at Selasa, 21 September 2021 - 15:19
Upaya Kudeta di Sudan Berhasil Digagalkan, Situasi Terkendali

KHARTOUM Pihak berwenang Sudan telah menggagalkan upaya kudeta dan situasi telah terkendali, demikian disampaikan seorang anggota dewan penguasa negara itu pada Selasa (21/9/2021).

Juru Bicara Dewan Penguasa Sudan, Mohamed Al Faki Suleiman mengatakan bahwa interogasi terhadap tersangka yang terlibat dalam percobaan kudeta pada Senin (20/9/221) akan dimulai dan militer akan segera mengeluarkan pernyataan.

Sebuah sumber pemerintah, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan upaya kudeta itu melibatkan upaya untuk menguasai radio negara di Omdurman, di seberang sungai Nil dari ibu kota, Khartoum.

Langkah-langkah sedang diambil untuk menahan sejumlah orang yang terlibat, kata sumber itu sebagaimana dilansir Reuters .

Seorang saksi mengatakan bahwa militer telah menggunakan tank untuk menutup jembatan yang menghubungkan Khartoum dengan Omdurman pada Selasa pagi.

Sudan sedang diperintah di bawah kesepakatan pembagian kekuasaan yang rapuh antara militer dan warga sipil setelah penggulingan mantan Presiden Omar al-Bashir pada April 2019.

Artikel Asli