Lebanon Krisis Bahan Bakar, Hizbullah Datangkan BBM dari Iran melalui Suriah

inewsid | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:42
Lebanon Krisis Bahan Bakar, Hizbullah Datangkan BBM dari Iran melalui Suriah

BEIRUT, iNews.id - Hizbullah mulai mendatangkan bahan bakar Iran ke Lebanon melalui Suriah pada Kamis (16/9/2021). Langkah Syiah ini bertujuan meredakan krisis energi yang melumpuhkan Lebanon.

Konvoi sekitar 20 truk tanki yang membawa bahan bakar minyak Iran telah memasuki Lebanon. Hizbullah yang didukung Iran mengatakan konvoi truk merapat di Suriah pada hari Minggu (12/9/2021).

Truk-truk itu menyeberang ke timur laut Lebanon dekat Desa al-Ain. Sebuah spanduk menyatakan Hizbullah telah mematahkan pengepungan di Lebanon.

"Terima kasih Iran. Terima kasih Suriah Assad," tulis spanduk lain, merujuk pada Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Krisis energi di Lebanon merupakan akibat dari krisis keuangan yang telah menghancurkan ekonomi sejak 2019. Krisis membuat lebih dari tiga perempat populasi jatuh dalam kemiskinan.

Pasokan bahan bakar habis. Lebanon tidak memiliki mata uang yang cukup untuk menutup impor. Bahkan, layanan penting termasuk beberapa rumah sakit terpaksa mengurangi atau menutup operasinya.

Pemerintah AS menegaskan kembali bahwa sanksi terhadap penjualan minyak Iran tetap berlaku, tetapi belum mengatakan apakah pihaknya mempertimbangkan untuk memberlakukan tindakan terhadap Lebanon atas tindakan Hizbullah.

Washington menunjuk Hizbullah sebagai kelompok teroris dan juga menargetkannya dengan pemberian sanksi.

Artikel Asli