Duh! 90 Persen Gorila di Kebun Binatang Ini Positif Covid

inewsid | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:25
Duh! 90 Persen Gorila di Kebun Binatang Ini Positif Covid

ATLANTA, iNews.id Sebanyak 90 persen gorila di Kebun Binatang Atlanta, Georgia, AS, dinyatakan positif Covid. Hasil tes menujukkan, dari total 20 gorila di tempat rekreasi itu, 18 di antaranya mengidap virus corona tersebut.

Kebun Binatang Atlanta mengumumkan hasil tes positif Covid pertama pada gorila mereka, Jumat (10/9/2021) lalu. Tes dilakukan terhadap para gorila setelah para karyawan kebun binatang memperhatikan hewan primata itu batuk, pilek, dan menunjukkan perubahan nafsu makan.

Setelah hasil tes yang dikerjakan laboratorium hewan di University of Georgia itu, terungkap bahwa gorila itu mengidap Covid. Kebun binatang Atlanta menyatakan, National Veterinary Services Laboratories di Ames, Iowa, juga mengonfirmasi bahwa setidaknya empat sampel dari gorila sejauh ini telah menunujukkan hasil tes positif untuk Covid varian delta.

Pihak kebun binatang mengatakan, mereka sedang mencoba menggunakan antibodi monoklonal untuk mengobati gorila yang berisiko mengalami komplikasi akibat infeksi virus tersebut.

Para pejabat mengatakan tidak ada bukti bahwa gorila dapat menularkan virus kembali ke manusia. Selain itu, jarak pengunjung di kebun binatang juga terlalu jauh untuk bisa terinfeksi oleh gorila.

Karena gorila di KB Atlanta hidup berdekatan dalam empat kelompok, pimpinan kebun binatang mengatakan tidak mungkin mengisolasi hewan-hewan yang terinfeksi. Menurut dugaan, kawanan satwa itu tertular Covid dari seorang karyawan tanpa gejala yang merawat mereka.

Menurut pedoman kami untuk staf perawatan hewan, jika mereka memiliki gejala pilek sekecil apa pun, mereka harus tinggal di rumah, kata Direktur Senior Kesehatan Hewan KB Atlanta, Dr Sam Rivera, dikutip Associated Press , Kamis (16/9/2021) WIB.

Rivera menuturkan, pihaknya akan memvaksinasi gorila dengan vaksin corona khusus hewan yang saat ini masih berada dalam daftar tunggu.

Sebelumnya, delapan gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego, California, sempat dirawat karena terinfeksi virus corona pada Januari lalu.

Artikel Asli