PBB: 4 Juta Warga Afghanistan Hadapi Darurat Pangan, Butuh Rp512 Miliar

okezone | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:55
PBB: 4 Juta Warga Afghanistan Hadapi Darurat Pangan, Butuh Rp512 Miliar

KABUL - Empat juta warga Afghanistan menghadapi darurat pangan dan mayoritasnya tinggal di kawasan perdesaan dan membutuhkan USD36 juta (Rp512 miliar) dalam beberapa bulan mendatang, untuk memastikan penanaman gandum musim dingin, pakan ternak dan bantuan tunai untuk keluarga-keluarga rentan, kaum lansia dan penyandang disabilitas.

Rein Paulsen, direktur Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mengatakan kepada wartawan di markas besar PBB dalam sebuah brifing video dari Kabul, bahwa 70 persen warga Afghanistan tinggal di kawasan perdesaan dan sekarang ini terjadi kekeringan parah yang mempengaruhi 7,3 juta warga Afghanistan di 25 dari 34 provinsi di negara itu. Warga pedesaan yang rentan itu juga dilanda pandemic.

Paulsen mengatakan 4 juta warga Afghanistan menghadapi masalah darurat kemanusiaan, yang digambarkan oleh kesenjangan ekstrem dalam konsumsi makanan, tingkat malnutrisi akut sangat tinggi dan tingkat kematian yang berlebihan. Ia mengatakan pertanian sangat diperlukan bagi populasi Afghanistan.

Ia mengatakan, pertanian menyumbang sedikit di atas 25 persen dari PDB Afghanistan, mempekerjakan langsung sekitar 45 persen dari angkatan kerja, dan yang paling penting adalah pertanian memberi manfaat mata pencaharian bagi 80 persen populasi Afghanistan.

Banyak keluarga rentan mengandalkan ternak untuk bahan makanan mereka. Tetapi 3 juta hewan juga terancam akibat kemarau yang menyebabkan padang penggembalaan tidak memadai.

Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada 15 Agustus lalu, kekhawatiran kian besar bahwa Afghanistan dapat menghadapi keruntuhan ekonomi.

Paulsen mengatakan paket gandum, pupuk dan bantuan dari FAO untuk seorang petani mencapai USD150 (Rp2 juta).

Artikel Asli