Hari Persatuan National: Bendera Serbia Berkibar di Seluruh Wilayah, Termasuk di Montenegro

rmol.id | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:15
Hari Persatuan National: Bendera Serbia Berkibar di Seluruh Wilayah, Termasuk di Montenegro

RMOL.Bendera tiga warna; merah, biru, dan putih, terlihat berkibar di jendela-jendela rumah maupun di pagar dan di halaman rumah orang-orang Serbia di seluruh Balkan pada Rabu (15/9).

Serbia dan entitas yang didominasi Serbia Bosnia, Republika Srpska, pada hari Rabu merayakan hari libur yang baru diadopsi, yaitu Hari Persatuan, Kebebasan dan Bendera Nasional atau yang dikenal sebagai Hari Persatuan Nasional.

Ini adalah tahun kedua peringatan Hari Persatuan, setelah Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengumumkannya pada Agustus 2020.

Peringatan dilakukan di Beograd, dengan presentasi senjata dan peralatan militer yang diselenggrakan Kementerian Pertahanan dan Angkatan Darat Serbia di Usce Park, dan pada malam harinya, Presiden Aleksandar Vucic memberikan pidatonya dengan didampingi oleh pemimpin Serbia Bosnia Milorad Dodik dan Patriark Gereja Ortodoks Serbia Porfirije.

Peringatan hari bersejarah itu juga dinikmati oleh warga di Montenegro.

Di Montenegro, Hari Persatuan Serbia dirayakan secara luas, dengan bendera Serbia berkibar di jalan-jalan utama Budva dan kota-kota lain dan di rumah-rumah pribadi di seluruh negeri.

Di kota pesisir Herceg Novi, Montenegro, konsulat dan kotamadya Serbia berencana mengadakan pertemuan di depan biara Savina, untuk merayakan hari raya tersebut.

Orang-orang Serbia yang ada di kota-kota di negara tetangga juga memasang bendera Serbia dia jendela rumah mereka.

Namun, di antara hingar bingar perayaan, tidak semua pihak bisa ikut menikmati. Bagaimanapun, ada 1,3 juta etnis Serbia di Bosnia-Herzegovina, Montenegro, dan Kosovo. Dan negara-negara tetangga itu menyambut dingin perayaan itu.

Di Montenegro sendiri, masyarakat terbagi antara mereka yang mengidentifikasikan diri sebagai orang Montenegro dan mereka yang mengakui etnis Serbia.

Seorang anggota parlemen dari oposisi Partai Sosialis Demokrat, DPS, Andrija Nikolic, bahkan menuduh pihak berwenang mendukung ideologi ekspansionis Serbia.

Pertunjukan hari ini dengan triwarna Serbia di kota-kota Montenegro menegaskan bahwa 'dunia Serbia' adalah ideologi yang didukung oleh dua pertiga dari otoritas Montenegro, ujar Nikolic memposting di akun Twitter, merujuk pada partai-partai pro-Serbia dalam pemerintahan koalisi.

Di Kroasia, di mana komunitas Serbia jauh lebih sedikit, Presiden Dewan Nasional Serbia, SNV, Milorad Pupovac, mengatakan liburan baru Hari Persatuan Serbia akan ditandai sesuai dengan hukum Kroasia.

Komunitas Serbia di Republik Kroasia, memiliki bendera nasional sendiri yang di sampingnya ada triwarna Kroasia, kata Pupovac.

Ia berharap Hari Persatuan Serbia yang juga dirayakan oleh etnis Serbia di Kroasia tidak menimbulkan hal yang dapat mengganggu hubungan kedua negara.

Presiden Kroasia Zoran Milanovic telah mengingatkan agar Kroasia tidak bereaksi terhadap seruan untuk mengibarkan bendera Serbia, yang bisa memicu konfrontasi. []

Artikel Asli