3 Pendaki Terdampar di Gunung akibat Cuaca Buruk, Beruntung Berhasil Diselamatkan

inewsid | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 08:39
3 Pendaki Terdampar di Gunung akibat Cuaca Buruk, Beruntung Berhasil Diselamatkan

KARACHI, iNews.id - Tiga pendaki terdampar di Gunung Rakaposhi, Pakistan di ketinggian 6.900 mdpl akibat cuaca buruk. Beruntung ketiganya berhasil diselamatkan petugas.

Ketiga pendaki terdiri atas dua orang warga Ceko sementara seorang lagi berasal dari Pakistan. Mereka berhasil dievakuasi.

"Wajidullah Nagri dan dua rekan pendaki, Peter Macek dan Jakub Vicek dari Republik Ceko, yang terdampar karena cuaca buruk pada ketinggian 6900 mdpl di Rakaposhi, akhirnya diselamatkan oleh penerbangan Angkatan Darat Pakistan," kata Sekretaris Jenderal Alpine Club of Pakistan, organisasi pendakian gunung resmi Pakistan, Karrar Haidri, Rabu (15/9/2021).

Para pendaki terdampar minggu lalu saat turun setelah mencapai puncak Rakaposhi setinggi 7.788 meter. Gunung ini terletak di wilayah Gilgit-Baltistan, yang berbatasan dengan negara tetangga China.

Operasi penyelamatan memakan waktu beberapa hari karena cuaca buruk. Para pendaki harus turun hampir 1.000 meter agar dapat diterbangkan oleh helikopter tentara.

Makanan dan tali dijatuhkan oleh helikopter untuk membantu para pendaki gunung yang terdampar agar bertahan hidup.

Sebelumnya, pada bulan Februari, pendaki ikonik Pakistan, Muhammad Ali Sadpara, John Snorri dari Islandia dan JP Mohr dari Chili tewas ketika mencoba mendaki puncak K2 yang merupakan gunung tertinggi kedua di dunia.

Artikel Asli