Dubes Inggris Owen Jenkins, Dukung RI Jadi Ketua Dialog Lingkungan Hidup

rm.id | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 08:13
Dubes Inggris Owen Jenkins, Dukung RI Jadi Ketua Dialog Lingkungan Hidup

PemerintahInggris memberikan apresiasi dan dukungan bagi Indonesia sebagai salah satu Ketua Bersama dalam Dialog Hutan, Pertanian, dan Perdagangan Komoditas (Forest, Agriculture, and Commodity Trade/FACT).

Kesuksesan dan kepemimpinan Indonesia menjadi contoh bagi negara-negara lainnya, kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dalam pernyataan tertulis, Senin (13/9).

FACT Dialog, yang diketuai bersama Indonesia dan Inggris, belum lama ini menggelar acara virtual dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk perwakilan Pemerintah, para pelaku usaha, masyarakat sipil, serta petani kecil.Ini langkah kolaboratif untuk mendukung pertanian dan perdagangan komoditas yang berkelanjutan.

Dalam acara yang digelar pada 9 September lalu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Alue Dohong mengatakan, indonesia merupakan bagian penting dari pasar komoditas global yang membangun ekonomi tanpa meninggalkan upaya untuk menekan laju deforestasi.

"Berbagai kebijakan telah dilakukan, termasuk moratorium perizinan baru dan membangun sistem verifikasi legalitas dan produksi kayu secara berkelanjutan, dan telah diwujudkan pencapaiannya, ujarnya.

Dohong menyoroti pentingnya membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan global, termasuk melalui Dialog FACT Global.

Pentingnya kemitraan global dalam konteks tersebut juga disoroti Jenkins. Ia mengatakan, melalui kerja sama tersebut, Indonesia dan Inggris dapat bersama-sama membawa banyak perubahan yang diperlukan untuk melindungi lingkungan alam yang sangat berharga, seperti hutan hujan dan mengatasi perubahan iklim.

Acara komunikasi global FACTitu juga digelar untuk membangun momentum menjelang konferensi perubahan iklim COP26 di Glasgow, Inggris. Conference of the Parties (COP) adalah pengambil keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change yang diresmikan dan ditandatangani pada 1992 selama KTTBumi di Riode Janeiro, Brazil. [ DAY ]

Artikel Asli