Angkatan Darat Jepang Gelar Latihan Militer Besar Pertama dalam 30 Tahun

inewsid | Global | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:07
Angkatan Darat Jepang Gelar Latihan Militer Besar Pertama dalam 30 Tahun

TOKYO, iNews.id - Angkatan Darat Jepang menggelar latihan militer besar pertama dalam tiga dekade terkahir. Ada 100.000 personel yang terlibat, 20.000 kendaraan dan 120 pesawat yang diterjunkan.

Latihan militer dimulai pada Rabu (15/9/2021). Latihan Pasukan Bela Diri Darat (GSDF) ini akan berlangsung hingga akhir November.

Pasukan Bela Diri Darat Jepang menyatakan, latihan akan fokus pada tahap persiapan operasional, meningkatkan efektivitas operasional dan kemampuan pencegahan/penanggulangan.

"Latihan akan melibatkan partisipasi personel dari Pasukan Bela Diri Laut dan Udara Jepang serta kapal pendarat Angkatan Darat Amerika Serikat (AS)," katanya.

Latihan diadakan pada saat AS dan sekutunya mengumpulkan dukungan untuk melawan pengaruh militer dan ekonomi China.

(Latihan ini) untuk menanggapi secara efektif berbagai situasi, termasuk serangan di pulau-pulau, penting pasukan dikerahkan dengan cepat dan ekstensif, tergantung pada situasinya, kata Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi seperti dilansir dari Anadolu.

Seorang pejabat GSDF mengatakan kepada Kyodo News, dalam lingkungan keamanan yang semakin tidak pasti, fokus pekerjaan mereka saat ini yakni kesiapan operasional.

"Latihan tersebut akan mencakup pengangkutan peralatan pertahanan, termasuk tank, pasokan yang diperlukan dan pengujian sistem komunikasi di seluruh negeri," katanya.

Artikel Asli