Presiden Xi Jinping Dilaporkan Tolak Tarawan Joe Biden Bertemu Langsung

inewsid | Global | Published at 15/09/2021 13:54
Presiden Xi Jinping Dilaporkan Tolak Tarawan Joe Biden Bertemu Langsung

WASHINGTON, iNews.id - Joe Biden menepis laporan media, tawarannya untuk bertemu langsung dengan Presiden China Xi Jinping ditolak sang pemimpin. Surat kabar Inggris Financal Times, mengutip beberapa sumber, melaporkan Biden mengajak Xi untuk bertemu langsung saat mereka berbicara melalui telepon pada akhir pekan lalu, namun ditolak.

"Itu tidak benar," kata Biden, saaat ditanya wartawan soal pemberitaan, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/9/2021).

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan sebelumnya menyebut laporan surat kabar itu tidak menggambarkan kondisi yang akurat dari percakapan kedua pemimpin.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa laporan itu akurat.

"Xi tampaknya mengisyaratkan bahwa nada dan suasana hubungan (kedua negara) perlu ditingkatkan terlebih dulu (sebelum pertemuan)," kata sumber.

Financial Times melaporkan, Biden menyebut ajang pertemuan tingkat tinggi yang dihadiri kedua pemimpin bisa menjadi salah satu momen pertemuan langsungnya dengan Xi. Namun Biden tak mengharapkan jawaban segera dari Xi.

Sementara itu Xi tampaknya tidak terlalu menanggapi tawaran itu. Menafsirkan sikap Xi, Gedung Putih yakin masih ada kekhawatiran soal Covid-19.

KTT G20 yang berlangsung di Italia pada Oktober mendatang bisa menjadi kesempatan Biden dan Xi untuk bertemu. Namun Xi tampaknya sangat berhati-hati, dia bahkan belum pernah melawat ke luar negeri sejak pandemi Covid-19 pada awal 2020.

Artikel Asli