Korea Utara Tembakkan Proyektil Diduga Rudal Balistik dari Pantai Timur

inewsid | Global | Published at 15/09/2021 12:17
Korea Utara Tembakkan Proyektil Diduga Rudal Balistik dari Pantai Timur

SEOUL, iNews.id Militer Korea Utara menembakkan proyektil tak dikenal, yang diduga sebagai rudal balistik, dari pantai timur negara itu. Aktivitas tersebut diungkapkan oleh Markas Besar Tentara Korea Selatan, Rabu (15/9/2021).

Proyektil itu ditembakkan Korut, beberapa hari setelah negara komunis itu melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauhnya.

Penjaga Pantai Jepang juga mengatakan, sebuah objek yang diduga rudal balistik memang ditembakkan dari Korea Utara. Kendati demikian, baik militer Korea Selatan maupun Penjaga Pantai Jepang, tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang informasi itu.

Sebelumnya, Korea Utara mengklaim berhasil menguji coba rudal jelajah jarak jauh terbaru mereka, akhir pekan lalu. Pyongyang pun menyebut rudal itu sebagai senjata strategis yang sangat penting.

Para analis militer menilai rudal yang diuji coba pekan lalu itu bisa menjadi senjata pertama di Korut dengan kemampuan nuklir.

Pyongyang terus melanjutkan pengembangan program senjatanya di tengah kebuntuan perundingan dengan Barat. Perundingan itu sejatinya bertujuan untuk membongkar program nuklir dan rudal balistik Korut, dengan imbalan keringanan sanksi AS. Negosiasi terhenti sejak 2019.

Artikel Asli