Dapat Sumbangan USD1,2 Miliar, Taliban Sampaikan Terima Kasih ke Dunia

limapagi.id | Global | Published at 15/09/2021 11:35
Dapat Sumbangan USD1,2 Miliar, Taliban Sampaikan Terima Kasih ke Dunia

LIMAPAGI - Pemerintah Afghanistan yang baru di bawah Taliban, menyampaikan terima kasih kepada dunia internasional atas bantuan sumbangan yang berhasil digalang.

Penggalangan dana di Genewa, Swiss, baru-baru ini berhasil mengumpulkan sebanyak USD1,2 miliar. Taliban berjanji dana tersebut akan dipakai secara bijak dan juga untuk mengatasi kemiskinan di Afghanistan.

Kami berterima kasih dan menyambut positif janji dunia untuk bantuan sekitar satu miliar dolar, kata Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi, seperti dilansir dari The Straits Times, Rabu 15 September 2021.

Muttaqi berharap negara-negara lain konsisten memberikan sumbangan ke Afghanistan. Dia menjanjikan bantuan diberikan ke orang-orang yang membutuhkan secara transparan.

Dan kami meminta mereka untuk melanjutkan bantuan mereka ke Afghanistan, lanjut Muttaqi.

Dari total angka bantuan tersebut, sebanyak USD64 juta berasal dari Amerika Serikat. Pihak Taliban juga mengapreasiasi hal ini.

Namun, Muttaqi juga meminta AS menyampaikan apresiasi kepada Taliban yang telah membantu evakuasi besar-besaran pada Agustus 2021 lalu. Menurut Muttaqi, AS harus menunjukan kebesaran hatinya.

Amerika adalah negara besar, mereka harus memiliki hati yang besar, kata Muttaqi.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia juga diketahui memberikan sumbangan sebesar USD3 juta kepada Afghanistan. Sumbangan disebut sebagai bantuan konkret Indonesia kepada masyarakat Afghanistan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Situasi Kemanusiaan di Afghanistan, yang digelar secara virtual.

Indonesia berkomitmen memberikan bantuan sebesar 3 juta Dolar Amerika Serikat kepada masyarakat Afghanistan, kata Retno, dikutip dari keterangan resminya, Selasa 14 September 2021.

Artikel Asli