Aung San Suu Kyi Tak Hadiri Sidang Karena Sakit

koran-jakarta.com | Global | Published at 14/09/2021 05:31
Aung San Suu Kyi Tak Hadiri  Sidang Karena Sakit

YANGON - Pengacara Aung San Suu Kyi pada Senin (13/9) mengatakan bahwa kliennya tak bisa menghadiri sidang karena sakit. Suu Kyi saat ini menjalani tahanan rumah setelah ia digulingkan oleh militer dalam kudeta pada 1 Februari lalu dimana kudeta itu memicu pemberontakan massal.

"Suu Kyi kembali ke rumah setelah pertemuan prasidang dengan tim hukumnya karena dia merasa tak enak badan," ucap pengacara Min Min Soe. "Klien saya tak pernah pergi kemanapun dengan mobil dalam dua bulan terakhir, itu sebabnya dia merasa mabuk dalam perjalanan," imbuh Min Soe seraya mengatakan bahwa pihak tim pengacara merasa sangat khawatir atas kesehatannya.

Sejak digulingkan, Suu Kyi, 76 tahun, menghadapi serangkaian dakwaan yang dapat membuatnya dipenjara selama lebih dari satu dekade. Sebelumnya pengadilan junta menuduh Suu Kyi telah melanggar pembatasan virus korona selama kampanye pemilu yang dimenangkan partainya tahun lalu dan karena mengimpor walkie-talkie secara ilegal.

Selain itu pengacara Min Soe juga mengatakan bahwa Suu Kyi juga telah dikenai dakwaan kasus korupsi terbaru namun persidangan atas kasus dakwaan ini masih belum ditentukan.

Junta juga mengklaim mereka merebut kekuasaan setelah menuding ada kecurangan besar-besaran saat pemilu 2020 yang dimenangkan secara telah oleh partai pimpinan Suu Kyi yaitu Liga Nasional untuk Demokrasi. SB/AFP/I-1

Artikel Asli