Selain Sambangi Taliban, Menlu Qatar Juga Bertemu Hamid Karzai dan Abdullah Abdullah

rmol.id | Global | Published at 13/09/2021 08:11
Selain Sambangi Taliban, Menlu Qatar Juga Bertemu Hamid Karzai dan Abdullah Abdullah

RMOL.Wakil Perdana Menteri Qatar sekaligus Menteri Luar Negeri Mohammad bin Abdulrahman Al Thani melakukan pertemuan dengan Taliban dan para politisi Afghanistan.

Pertemuan dilakukan selama kunjungan Al Thani ke Kabul pada Minggu (12/9), pertama kali sejak Afghanistan dikendalikan oleh Taliban.

Di Twitter, Kepala Dewan Tinggi untuk Rekonsiliasi Nasional Abdullah Abdullah mengatakan, ia dan mantan Presiden Hamid Karzai bertemu dengan Al Thani untuk membahas perkembangan situasi terkini hingga formasi pemerintahan yang inklusif.

"Kami berterima kasih kepada Qatar yang telah menjadi tuan rumah pembicaraan damai, serta mendukung perdamaian dan stabilitas di Afghanistan," kata Abdullah.

Sementara itu, Al Thani menekankan komitmen Qatar untuk terus mendukung Afghanistan.

Selain bertemu Abdullah dan Karzai, Al Thani juga bertemu dengan Perdana Menteri Mullah Mohammad Hassan Akhund dan kabinet baru Taliban di Istana Kepresidenan.

"Pertemuan itu berfokus pada hubungan bilateral, bantuan kemanusiaan, pembangunan ekonomi, dan interaksi dengan dunia," ujar jurubicara Taliban, Suhail Shaheen, seperti dimuat ToloNews.

Shaheen juga menggarisbawahi pentingnya Perjanjian Doha, sehingga semua pihak harus mematuhi implementasinya. []

Artikel Asli