Singapura Kerahkan Jet Tempur untuk Tanggapi Potensi Ancaman

koran-jakarta.com | Global | Published at 13/09/2021 05:21
Singapura Kerahkan Jet Tempur untuk Tanggapi Potensi Ancaman

SINGAPURA - Sejumlah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Singapura telah dikerahkan pada Sabtu (11/9) pagi untuk menanggapi potensi ancaman dari udara. Seorang juru bicara dari Kementerian Pertahanan Singapura kemudian menyatakan bahwa setelah dipastikan tak ada ancaman bagi keamanan Singapura, jet tempur kemudian diperintahkan kembali ke pangkalannya.

"Jet tempur Angkatan Udara Singapura dikerahkan untuk pemantauan dan rata-rata per tahunnya 350 kali jet tempur kami dikerahkan untuk memantau potensi ancaman dari udara," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Singapura.

Sementara berdasarkan kabar yang santer dipublikasikan di media daring menyebutkan bahwa jet-jet tempur AU Singapura dikerahkan setelah ada helikopter milik Kepolisian Di Raja Malaysia terbang di atas Pulau Tekong pada Sabtu pagi. Di Pulau Tekong terdapat Pusat Pelatihan Dasar Militer Angkatan Darat Singapura.

Menanggapi informasi di laman media daring itu, pihak Kepolisian Di Raja Malaysia membenarkan bahwa helikopternya terbang dekat wilayah udara Singapura untuk kepentingan dinas, namun mereka menyatakan tidak melakukan pelanggaran dengan masuk ke wilayah udara Singapura dan oleh karenanya tak perlu memberi tahu otoritas di Singapura terkait penerbangan helikopter ini. SB/ST/I-1

Artikel Asli