Lindungi Tahanan yang Melarikan Diri, Warga Palestina Siap Lawan Israel

rmol.id | Global | Published at 09/09/2021 11:49
Lindungi Tahanan yang Melarikan Diri, Warga Palestina Siap Lawan Israel

RMOL.Ketegangan antara Palestina dan Israel meningkat setelah enam tahanan Palestina yang melarikan diri dari penjara Israel dengan keamanan tingkat tinggi.

Warga Palestina menekankan akan melawan pasukan Israel jika mereka memasuki kamp pengungsi Jenin untuk mencari enam tahanan tersebut.

Sampai saat ini belum diketahui di mana enam warga Palestina itu bersembunyi. Tetapi mereka diyakini telah menuju Jenin, tempat keluarga mereka tinggal.

Pada Rabu pagi (8/9), tentara Israel dengan anjing pelacak melakukan pencarian di tembok pemisah Israel di dekat kota Yaabad, yang juga dekat dengan Jenin. Pesawat Israel juga mengintai di atasnya.

Sementara itu, puluhan pos pemeriksaan didirikan antara Tepi Barat dan Israel, karena pihak berwenang Israel khawatir warga Palestina bersenjata akan menyerang pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki atau di dalam Israel.

Awal pekan ini, enam tahanan Palestina melarikan diri dari Penjara Gilboa. Warga Palestina menyambut pelarian mereka. Sedangkan Israel langsung mengevakuasi 90 tahanan Palestina dari total 360 orang yang ditahan di fasilitas tersebut. []

Artikel Asli