Presiden Rodrigo Duterte Bakal Maju Lagi di Pilpres 2022 Filipina

limapagi.id | Global | Published at 09/09/2021 10:30
Presiden Rodrigo Duterte Bakal Maju Lagi di Pilpres 2022 Filipina

LIMAPAGI - Presiden Filipina Rodrigo Duterte resmi kembali maju di pemilu presiden Filipina 2022. Namun, kali ini Duterte maju sebagai calon wakil presiden.

Diberitakan Channel News Asia, Duterte resmi mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada Rabu, 8 September 2021. Pria berusia 76 tahun itu mengaku masih ingin memberi arahan dalam kebijakan Filipina.

"Ini benar-benar karena saya ingin melihat kesinambungan upaya saya meskipun saya mungkin bukan yang memberi arahan, saya mungkin bisa membantu," kata Duterte.

Awalnya Duterte ingin disatukan dengan senator sekaligus loyalisnya, Christopher "Bong" Go. Namun Go menolak pencalonan tersebut. Ia menyebut masih tetap ingin melayani masyarakat Filipina.

"Hati dan fikiran saya terfokus untuk melayani orang-orang," ujar Go.

Mundurnya Go membuka jalan bagi Sarah Duterte Carpio sebagai calon presiden. Perempuan berusia 43 tahun itu merupakan putri Ridrigo Duterte.

Dalam berbagai jejak pendapat, Sarah memiliki sentimen positif untuk menempati posisi calon presiden nomor satu.

Sebelumnya, Duterte mengaku legowo dicalonkan sebagai calon wakil presiden Filipina di pemilu 2022.

Sejak Agustus 2021, Duterte digadang-gadang bakal maju menjadi calon wakil presiden dari partai politik berkuasa di Filipina saat ini, Partai PDP-Laban.

Konstitusi Filipina hanya mengizinkan seorang presiden menjabat sekali dengan masa jabatan enam tahun. Sementara, masa jabatan Duterte akan berakhir pada Juni tahun depan.

Menurut Wapres PDP-Laban Karlo Nograles, pencalonan Duterte sebagai wakil presiden demi menjamin kelangsungan program pemerintah yang sudah berjalan lima tahun belakangan, termasuk perang melawan narkoba.

Artikel Asli