Rumah Sakit COVID-19 Makedonia Utara Terbakar, 10 Orang Tewas

sindonews | Global | Published at 09/09/2021 10:01
Rumah Sakit COVID-19 Makedonia Utara Terbakar, 10 Orang Tewas

TETOVO - Rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 di Makedonia Utara terbakar hebat pada Rabu malam waktu setempat. Sebanyak 10 orang tewas.

Rekaman video yang telah beredar luas di media sosial menunjukkan sebuah bangunan terbakar dan asap hitam tebal mengepul ke udara di dekat jalan utama di kota Tetovo.

Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkannya kurang dari satu jam setelah kebakaran dimulai sekitar pukul 21.00 waktu setempat pada hari Rabu.

Menteri Kesehatan Venko Filipce memperingatkan jumlah korban tewas bisa meningkat.

"Ini adalah hari yang sangat menyedihkan," tulisnya di Twitter, seperti dikutip BBC , Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, beberapa pasien telah dibawa segera ke sebuah rumah sakit di ibu kota negara itu, Skopje.

"Dokter berjuang untuk nyawa yang terluka," kata Filipce. Dia menggambarkan kebakaran itu sebagai "insiden yang mengerikan", tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Banyak korban dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan ketika kebakaranyang diduga dipicu oleh tabung oksigen untuk pasien dengan kasus klinis COVID-19 yang lebih parahterjadi di sebuah rumah sakit di Tetovo, Makedonia Utara.

Tidak jelas berapa banyak pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut ketika insiden itu terjadi.

Rumah sakit itu merupakan fasilitas medis sementara yang dibangun tahun lalu untuk merawat orang-orang yang sakit parah akibat virus corona.

Macedonia Utara memiliki populasi sekitar dua juta orang.

Negara ini telah melaporkan lebih dari 180.000 kasus COVID-19 dan 6.153 kematian terkait virus corona sejak awal pandemi. Angka itu menurut data Universitas Johns Hopkins.

Artikel Asli